PILGUB JABAR 2018: Dalam 3 Jam Warga Sumbang Ridwan Kamil Rp60 Juta

Relawan Jabar Juara berhasilkan mengumpulkan sumbangan dari warga sebesar Rp60 juta di acara Car Free Day Buah Batu Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). Urunan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018 M Ridwan Kamil atau Emil.
Newswire | 19 November 2017 20:19 WIB
Ilustrasi: Hasil survei Indo Barometer tentang calon gubernur Jabar, di Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/11). - ANTARA/Novrian Arbi

Kabar24.com, BANDUNG - Dukungan warga terhadap Ridwan Kamil untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Barat mulai digalang relawan di kota Bandung.

Relawan Jabar Juara berhasilkan mengumpulkan sumbangan dari warga sebesar Rp60 juta di acara Car Free Day Buah Batu Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). Urunan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018 M Ridwan Kamil atau Emil.

"Alhamdulillah dalam kurun waktu tiga jam berhasil urunan sebesar Rp60 juta dari 'Udunan (bahasa sunda urungan) Warga'," kata Kordinator Relawan Jabar Juara, Moch Hanief.

Hanief mengatakan program udunan warga, adalah pengumpulan dana secara online dan offline untuk membiayai kegiatan sosialisasi Emil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada Pilgub 2018.

Ia mengatakan untuk warga yang ingin menyumbang dapat mengakses website www.jabarjuara.id.

"Jadi kami ingin warga menjadi pemeran utama dalam pendanaan demokrasi, sehingga ke depan, kandidat yang menang hanya berutang pada cita-cita warga. Bukan kepada pihak-pihak tertentu yang sering menjadi ATM calon kepala daerah," kata dia.

"Udunan (bahasa sunda untuk urunan) Warga" tersebut, kata Hanief, merupakan ikhtiar untuk penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien.

"Kami ingin bersama-sama mengedukasi warga untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi kita semakin meningkat," ujarnya.

Ia mengatakan, selain menggalang dana secara online lewat udunan.jabarjuara.id, pihaknya juga akan mengumpulkkan sumbangan secara offline seperti di area-area publik yang mudah diakses masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan jumlah sumbangan untuk perorangan dibatasi mulai dari Rp10.000 hingga maksimal Rp75 juta. Sedangkan untuk perusahaan maksimal Rp750 juta. Teknis sumbangan diberikan oleh para penyumbang melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank.

Adapun loket-loket Udunan Warga nantinya akan tersedia di beberapa lokasi strategis di beberapa kota di Jawa Barat.

Selain itu Udunan Warga diharapkan dapat mengurangi praktik-praktik pendanaan pilkada yang tidak transparan, gelap dan menjurus pada praktik gratifikasi.

Udunan Warga pertama diserahkan oleh seorang warga bernama Sunarti, ia menjadi penyumbang pertama dengan mentransfer Rp50 ribu ke rekening Udunan Warga sebagai bentuk dukungan kepada Ridwan Kamil bakal calon Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

Sunarti mengatakan niatnya berpartisipasi dalam udunan warga Relawan Jabar Juara ini semata-mata karena melihat hasil kerja kang Emil selama menjadi Wali Kota Bandung.

"Dan sebagai warga Bandung dan Jawa Barat, saya tadi telah memberikan donasi secukupnya untuk relawan Jabar Juara agar dapat bergerak menyosialisasikan program-program kang Emil menuju Jabar Juara" kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilgub Jabar 2018

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top