LAPORAN DARI BELGIA: Buka Europalia, Wapres JK Tinjau Patung Ana Deo Sampai Tau-Tau

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Raja Belgia Philippe melakukan tur keliling pameran kebudayaan dan seni Indonesia di Eropa, Europalia.
Irene Agustine | 11 Oktober 2017 01:02 WIB
Wapres Jusuf Kalla beserta istri dan Megawati bersama Puan Maharani saat pembukaan Europalia. - Bisnis/Irene Agustine

Bisnis.com, BRUSSEL -- Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Raja Belgia Philippe melakukan tur keliling pameran kebudayaan dan seni Indonesia di Eropa, Europalia.

Mengikuti keduanya, tampak Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ratu Mathilde, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani sampai Mantan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Mereka ikut berkeliling menikmati karya seni dan budaya asal Indonesia.

Bertempat di Gedung Pertunjukan Bozaar, Brussel, Wapres JK dan rombongan disuguhkan ragam karya seni dan benda bersejarah dalam pembukaan pameran hari ini, Selasa (10/10/2017) waktu setempat yang bertemakan Ancestors and Rituals.

Patung berpahat kayu berukuran tinggi, Ana Deo dari Flores menyambut Wapres JK dan rombongan di pijakan pertama.

Setelahnya, karya seni lainnya berjejer di pelataran ruangan pertunjukan. Mulai dari Tau-Tau atau patung manusia dari Tana Toraja sampai patung sarkofagus, yang berfungsi untuk memandikan jenazah yang terbuat dari batu dari Minahasa.

Setelah berkeliling, Wapres JK bersama Raja Philippe dan rombongan memasuki gedung utama pertunjukan Bozaar untuk menikmati pembukaan Europalia.

Selama pembukaan, dihadirkan pertunjukan Nani Topeng Losari Cirebon, Voices of Papua sampai Saman Gayo Lues.

Festival Seni Budaya Europalia melibatkan 316 seniman dan menampilkan pameran barang seni, benda bersejarah, beberapa destinasi wisata, sastra, pemutaran film, performa seni, hingga pertemuan bisnis dengan para pengusaha.

Acara digelar selama empat bulan dari Oktober 2017 hingga Januari 2018. Rangkaian kegiatan Festival Seni Budaya Europalia akan diselenggarakan di 7 negara di Eropa yaitu Belgia, Inggris, Perancis, Polandia, Jerman, Belanda dan Austria.

Tag : Wapres JK
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top