Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Sukses Mendaftar CPNS 2017

Badan Kepegawaian Negara mengimbau para pelamar yang berniat mengikuti proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di 61 Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berhati-hati dan mencermati seluruh syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara mengimbau para pelamar yang berniat mengikuti proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di 61 Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berhati-hati dan mencermati seluruh syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Karo Humas BKN Mohammad Ridwan mengingatkan ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan para pelamar dalam mengikuti proses penerimaan CPNS 2017, yang semuanya secara rinci sudah ditayangkan di situs pendaftaran resmi, https://sscn.bkn.go.id.  

"Jumlah kuota formasi yang tersedia pada instansi yang membuka lowongan CPNS serta persyaratan rekrutmen dapat diakses publik melalui sscn.bkn.go.id pada navigasi pengumuman,"  katanya, Jumat (8/9/2017).

Ini Tips Sukses Mendaftar CPNS 2017


Dia menjelaskan sama halnya dengan penerimaan CPNS periode pertama yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya dapat memilih satu instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi.

Adapun bagi pelamar CPNS periode pertama yang tidak lolos seleksi administrasi dapat mengikuti kembali pendaftaran CPNS pada periode kedua yang tersedia di 61 K/L tanpa harus membuat akun baru.

Harap diperhatikan, jadwal pendaftaran online CPNS pada 61 K/L kali ini ditentukan oleh masing-masing instansi. "Untuk itu calon pelamar diminta untuk mencermati terlebih dahulu seluruh keterangan, syarat/jadwal pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan pendaftaran di masing-masing formasi untuk menghindari kesalahan pendaftaran," katanya.

Jika telah memahami segala ketentuan/persyaratan, pelamar dapat melakukan pendaftaran online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing instansi.

Selain memuat syarat rekrutmen, pada portal SSCN juga tersedia navigasi Frequently Ask Questions(FAQ) atau pertanyaan umum seputar SSCN yang dapat dipelajari oleh para pelamar untuk mengantisipasi kesulitan yang ditemui saat melakukan pendaftaran.

"Kami juga mengingatkan kembali agar pelamar mengakses informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS hanya melalui media informasi resmi pemerintah. Seluruh proses rekrutmen merupakan proses yang dilakukan tanpa dipungut biaya sedikit pun dan berjalan terbuka sehingga berkompetisilah secara fair," ujarnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper