Jelang Brexit, Uni Eropa Minta Jaminan Hak Warga Negara di Inggris

Uni Eropa meminta Inggris memberikan jaminan hak bagi jutaan warga Uni Eropa yang tinggal di negara tersebut sebagai bentuk kesepakatan pasca Brexit.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 27 Juni 2017 20:50 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, LONDON - Uni Eropa meminta Inggris memberikan jaminan hak bagi jutaan warga Uni Eropa yang tinggal di negara tersebut sebagai bentuk kesepakatan pasca Brexit.

Michel Barnier, kepala negosiasi Brexit untuk Uni Eropa kembali menawarkan kesepakatan kepada May untuk melindungi hak kerja dan hak tinggal bagi warga UE di Inggris seperti yang tertera pada sebuah laporan setebal 20 halaman, pada Senin (26/6/2017) kemarin.

"Lebih ambisi, jelas dan jaminan yang dibutuhkan daripada posisi Inggris saat ini, "kata Barnier di Twitter. Lebih lanjut, Barnier mengatakan tujuan blok tersebut sebagai bentuk perlindungan yang sama seperti dalam undang-undang Uni Eropa.

Perundingan tersebut lantas disusul dengan perundingan penting tentang kesepakatan perdagangan baru antara Inggris dan Uni Eropa.

Kendati, keduanya sepakat untuk menyelesaikan masalah hak warga Negara lebih awal dan sepakat bahwa mereka tidak akan mulai membicarakan kesepakatan perdagangan bebas sampai masalah tersebut disepakati.

https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-06-26/u-k-s-may-promises-to-protect-eu-citizens-rights-after-brexit

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Brexit

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top