Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teror Masjid Finsbury Park, Berikut Daftar Serangan Teroris di Eropa

Eropa kembali terpukul oleh serangan terorisme. Pihak kepolisian Inggris pada hari Senin mengadakan investigasi terorisme keempat yang terjadi dalam tiga bulan terakhir setelah sebuah van menabrak kerumunan warga di dekat masjid Finsbury Park, London Utara, pada Senin (19/6) waktu setempat.
Polisi Metropolitan London dan petugas medis terjun ke lokasi teror mobil van tabrak warga usai salat di Masjid Finsbury Park, Senin (19/6/2017)./Reuters
Polisi Metropolitan London dan petugas medis terjun ke lokasi teror mobil van tabrak warga usai salat di Masjid Finsbury Park, Senin (19/6/2017)./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Eropa kembali terpukul oleh serangan terorisme. Pihak kepolisian Inggris pada hari Senin (19/6/2017) mengadakan investigasi terorisme keempat yang terjadi dalam tiga bulan terakhir setelah sebuah van menabrak kerumunan warga di dekat masjid Finsbury Park, London Utara, pada Senin (19/6/2017) waktu setempat.

Satu orang dinyatakan tewas akibat insiden tersebut, sementara 10 orang lainnya terluka. Serangan ini mengingatkan banyaknya teror yang terjadi di kawasan Eropa. Seperti dikutip dari Bloomberg (Selasa, 20/6/2017), berikut adalah sejumlah serangan teroris di Eropa yang terjadi sejak 2016 :

3 Juni 2017: Seorang pria yang mengendarai sebuah mobil van menyeruduk pejalan kaki di London Bridge. Insiden itu berlanjut pada hari yang sama ke kawasan Pasar Borough di dekatnya, di mana tiga pelaku menyerang warga dengan pisau. Sedikitnya tujuh orang meninggal dan 48 lainnya luka-luka akibat insiden tersebut.

22 Mei 2017: Bom bunuh diri menghantam konser pop Ariana Grande di Manchester. Serangan tersebut telah menewaskan 22 orang, mayoritas adalah anak-anak, dan melukai puluhan lainnya. Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

7 April 2017: Seorang pria membajak sebuah truk dan menabrak pembeli dalam sebuah toserba di Stockholm, Swedia. Peristiwas ini menewaskan lima orang dan melukai setidaknya 10 orang.

22 Maret 2017: Seorang pria mengemudikan mobilnya ke kerumunan warga di Westminster Bridge London sebelum kemudian menikam seorang perwira polisi sampai mati. Empat orang dilaporkan meninggal.

19 Desember 2016: Seorang pria menabrakkan truk ke pejalan kaki di sebuah pasar Natal di Berlin, Jerman. Insiden ini menewaskan 12 orang dan menyebabkan 48 lainnya cedera. Pihak kepolisian Italia membunuh orang yang dicurigai melakukan serangan ini beberapa hari kemudian di dekat Milan.

14 Juli 2016: Seorang pria mengendarai truk berpendingin besar dan menyeruduk kerumunan orang saat sedang menyaksikan kembang api dalam perayaan Hari Bastille di Nice, Prancis. Serangan tersebut menyebabkan 84 orang tewas dan 202 terluka. Penyerang itu kemudian ditembak mati oleh polisi.

29 Juni 2016: Sejumlah orang bersenjata tiba di bandara Ataturk Istanbul dan mulai menembaki pintu masuk terminal. Para penyerang, yang dilaporkan telah menewaskan 41 orang dan melukai lebih dari 230 orang dalam insiden ini, terkait dengan negara Islam di Suriah.

22 Maret 2016: Dua pelaku bom bunuh diri menyerang terminal utama bandara internasional Zaventem di Brussels, sementara penyerang lainnya meledakkan bomnya di stasiun kereta api Maelbeek. Serangan tersebut menewaskan 32 orang dan melukai ratusan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper