Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Lemhanas: Masyarakat Harus Tahan Diri

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mengingatkan semua pihak dapat menahan diri dalam menyampaikan aspirasi sehingga tidak memecah keutuhan bangsa dan mampu memperkokoh kerangka bernegara.
Gubernur Lemhanas Agus Widjojo (kiri) seusai dilantik Presiden Joko Widodo/Bisnis-Antara
Gubernur Lemhanas Agus Widjojo (kiri) seusai dilantik Presiden Joko Widodo/Bisnis-Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mengingatkan semua pihak dapat menahan diri dalam menyampaikan aspirasi sehingga tidak memecah keutuhan bangsa dan mampu memperkokoh kerangka bernegara.

Gubernur Lemhanas Agus Widjojo mengatakan saat ini sejumlah fenomena geopolitik membutuhkan keputusan stategis dari Pemerintah Indonesia. Kebijakan berbagai negara di dunia terlihat mementingkan negara, seperti yang dilakukan Amerika Serikat dengan konsep America First.

"Untuk itu [kebijakan ke depan] bagaimana Indonesia lebih mandiri serta lebih cair menghadapi perkembangan strategis [diberbagai wilayah ini]," kata Agus di sela paparan persiapan Jakarta Geopolitical Forum.

Jakarta Geopolitical Forum akan digelar di Jakarta pada 18—20 Mei 2017 dengan menghadirkan sejumlah pembicara dari dalam negeri maupun luar negeri.

Agus menuturkan tren keamanan global melawan terorisme dan radikalisme, termasuk didalamnya globalisasi ekonomi, ternyata tidak berjalan ke arah yang diperkirakan.  Menurutnya, tren di dunia justru menjadi proteksinosme.

"Adanya ideologi ekstremis tidak dilepaskan dari ideologi yang ada di dalam negeri [gejolak di tengah masyarakat]," katanya.

Agus menyatakan untuk menstabilkan keadaan diperlukan upaya semua pihak agar masyarakat kembali memiliki kepercayaan kepada institusi yang berwenang dan siapa yang dapat dipercaya.

Gelombang ketidak percayaan masyarakat kepada institusi berwenang ini juga disampaikan oleh Guru Besar Institut Pertanian Bogor Bomer Pasaribu. 

Dia menyatakan persoalan penyampaian pandangan ketidakpuasan yang berawal dari kesenjangan sosial dan ekonomi yang melebar, harus segera diperbaiki.

Masyarakat menilai buruk seluruh lembaga entah itu penegak hukum, legislatif hingga eksekutif. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya beragam persoalan baru di tengah masyarakat. “Bangsa ini dilanda distrust, siapa yang bisa dipercaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper