Macron Tunjuk Kohler Sebagai Sekjen Istana Elysee

Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjuk Alexis Kohler sebagai Sekretaris Jenderal Istana Elysee. Posisi ini adalah posisi penting dalam jajaran staf kepresidenan.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 14 Mei 2017 21:35 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron - Istimewa

Kabar24.com, PARIS -- Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjuk Alexis Kohler sebagai Sekretaris Jenderal Istana Elysee. Posisi ini adalah posisi penting dalam jajaran staf kepresidenan.

Tak hanya Kohler, Macron juga menunjuk Philippe Etienne sebagai penasihat kebijakan luar negerinya.

Kohler, yang merupakan lulusan ENA, akan menjadi tangan kanan Macron, pejabat tinggi di administrasi Elysee dan penasihat politik utama yang biasanya merupakan titik kontak utama kementerian, partai, serikat pekerja dan pemimpin bisnis dan berperan penting dalam menyusun kebijakan.

Sedangkan Etienne, mantan duta besar berusia 61 tahun yang dikenal baik di Brussels dan Berlin, ditunjuk menjadi penasihat diplomatik, juga lulusan ENA, nominasinya segera memberi hormat di ibukota Uni Eropa.

“Ini adalah berita yang sangat bagus. Philippe untuk otoritas urusan UE dan promotor persahabatan Franco-Jerman,” ujar Martin Selmayr, kepala kabinet untuk Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker, dalam cuitannya di Twitter.

Berita tersebut juga disambut di kalangan diplomat Prancis.

"Dia sangat menyadari urusan Uni Eropa," kata seorang sumber diplomatik senior.

Penunjukan tersebut diumumkan saat Macro bersiap-siap dilantik pada Minggu (14/5/2017), di Istana Elysee.

Rencananya, Macron akan menunjuk seorang perdana menteri pada Senin dan pemerintah baru akan diumumkan pada Selasa (16/5/2017).

Sumber : Reuters

Tag : prancis
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top