Hasil Pengumuman SNMPTN 2017 Unhas Makassar, 1.869 Peserta Diminta Verifikasi

Hasil Pengumuman SNMPTN 2017 Unhas Makassar, 1.869 Peserta Diminta Verifikasi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 April 2017  |  20:01 WIB
Hasil Pengumuman SNMPTN 2017 Unhas Makassar, 1.869 Peserta Diminta Verifikasi
Ujian SNMPTN - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Panitia penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin telah mengumumkan sebanyak 1.869 orang yang lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017. Persentase peserta yang lulus itu mencapai 6,6 persen dari total pendaftar ke Universitas Hasanuddin Makassar itu sebanyak 28.221 peserta.

"Iya sudah diumumkan pukul 15.00 WITA tadi dan sebanyak 6,62 persen yang lulus di Unhas dari total yang mendaftar," kata Ishaq Rahman, Kepala Unit Hubungan Masyarakat dan Protokoler Universitas Hasanuddin kepada Tempo, Rabu 26 April 2017.

Ishaq mengatakan peserta yang lulus itu diumumkan melalui situs resmi Universitas Hasanuddin di http://pengumuman.snmptn.ac.id. Ia juga merinci bahwa sebanyak 1.842 peserta yang lulus memilih Unhas sebagai Perguruan Tinggi Negeri pilihan pertama dan 27 peserta lulus di Unhas pada pilihan kedua.

Ishaq meminta calon mahasiswa yang dinyatakan lulus untuk segera mempersiapkan diri menjalani tahapan verifikasi atau mendaftar ulang. "Kita berharap mahasiswa yang lulus mengisi formulir yang disiapkan secara online dan ikut verifikasi," kata Ishaq. Tahap itu bersamaan dengan ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 16 Mei 2017.

Bagi peserta yang lulus tersebut, Ishaq menjelaskan, harus mendaftar ulang pada hari itu juga. Sebab jika tidak, maka kelulusannya batal atau gugur. Sedangkan untuk peserta yang lulus dari luar maka diharuskan sudah berada di Makassar pada 14 Mei 2017. Dengan menyiapkan rapor, prestasi akademik, dan bidikmisi.

Menurut Ishaq, pada tahun ini SNMPTN digelar di beberapa Perguruan Tinggi Negeri. Termasuk Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Syiah Kuala, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Airlangga.

"Kalau syarat-syaratnya hampir sama dengan tahun lalu, yang sudah ditentukan masing-masing perguruan tinggi," imbuh Ishaq. Diketahui tahun ini, Universitas Hasanuddin menerima total 5.295 mahasiswa baru dan untuk jalur SNMPTN disiapkan kuota sebanyak 35 persen.

Ditemui terpisah, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Negeri Makassar, Muharram mengatakan peserta yang lulus di  Universitas Negeri Makassar sebanyak 1.480 orang dari total yang mendaftar sekitar 18 ribu. "Peserta yang lulus melalui jalur SNMPTN sudah sesuai kuota yang kami siapkan," kata Muharram.

Ia membeberkan peserta yang lulus ini paling banyak dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sehingga ia mengimbau agar peserta cepat melakukan registrasi ulang. "Verifikasi peserta sampai tanggal 16 Mei, kalau tidak registrasi maka dinyatakan gugur atau tak lulus," tutur dia. Pada tahun ini  Universitas Negeri Makassar menerima sekitar 6 ribu mahasiswa baru melalui tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan jalur Mandiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
snmptn

Sumber : Tempo.co

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup