Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERSPEKTIF GENDER: Laki-laki dan Perempuan Berhak Kembangkan Diri

Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk selalu mengembangkan diri dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 23 Maret 2017  |  18:41 WIB
PERSPEKTIF GENDER: Laki-laki dan Perempuan Berhak Kembangkan Diri
Ilustrasi - Genderintelligence

Bisnis.com, JAKARTA-Laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama untuk selalu mengembangkan diri dan sukses dalam berbagai bidang kehidupan.

Demikian Islam menempatkan hal laki-laki dan perempuan pada posisi yang sama selama tidak menyalahi kodratnya masing-masing.

Zaenal Arifin, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, mengatakan pemahaman masyarakat terhadap pandangan Islam itu bisa dirasakan sekarang, dengan adanya pergerakan perspektif gender di berbagai sektor kehidupan.

“Pergerakan perspektif gender pada tahun 70-an sudah mulai dirasakan di berbagai sektor sampai ke lembaga tinggi negara. Kemudian semakin cair ketika Indonesia memiliki presiden wanita,” katanya, Kamis (23/3/2017).

Menurutnya, pembenahan sudut pandang mengenai gender pada kebanyakan khalayak masih menganggapnya hanya soal wanita. Padahal lebih luas lagi bukan hanya masalah tersebut.

“Jadi, yang sebenarnya gender bukan hanya soal wanita, nah inilah yang perlu didiskusikan dan diluruskan seperti apa gender sesungguhnya,” ujarnya dalam situs resmi UIN Jakarta.

Dia menyampaikan hal itu dalam seminar bertema Pengarusutamaan Gender Melalui Organisasi Kemahasiswaan, bersama pembicara lain seperti Nur Afiyah Febriani Ketua Prodi Ilmu Quran PTIQ, Rahmi Purnomowati Ketua PSGA UIN Jakarta, Lilik Sumarni Ketua PSGPA UMJ, Supardi Lee motivator/perwakilan IPB, dan Naila Fitria aktivis Komisi Nasional Perempuan.

Sementara itu Rahmi Purnomowati, Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Jakarta, menyatakan pihaknya membuka diri dan siap memfasilitasi materi dalam diskusi organisasi kemahasiswaan yang ingin mengkaji tema gender.

“Kami dari PSGA siap memberikan materi atau pun memfasilitasi kebutuhan mahasiswa terkait diskusi yang mengangkat tema-tema gender,” katanya.

Dia juga menjelaskan bagi mahasiswa maupun siapa saja yang ingin menambah pengetahuan tentang gender, dapat berkunjung ke kantor PSGA UIN Jakarta bertemu para ahlinya, serta  tersedia banyak buku dan literatur terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

islam gender UIN Jakarta
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top