Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN Jakarta Siap Tulis Karya Ilmiah

Sebanyak 78 mahasiswa baru pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti orientasi studi akademik dan kemahasiswaan pada 20-22 Februari 2017.
Ilustrasi/Stjamesvw
Ilustrasi/Stjamesvw

Bisnis.com, TANGSEL- Sebanyak 78 mahasiswa baru pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti orientasi studi akademik dan kemahasiswaan pada 20-22 Februari 2017.

Mahasiswa baru peserta orientasi yang digelar di gedung Sekolah Pascasarjana (SPs) terdiri dari 52 orang mahasiswa program magister dan program doktor 26 orang, yang merupakan hasil seleksi penerimaan pada 31 Januari-1 Februari 2017.

Masykuri Abdillah, Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan orientasi studi akademik bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang kultur akademik di SPs UIN.

“Mereka harus mengetahui dan memahami berbagai hal yang terkait dengan kegiatan akademik, termasuk pemanfaatan semua fasilitas kampus,” katanya, Senin (20/2/2017).

Dia melalui situs resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjelaskan mahasiswa baru penting mengikuti orientasi sebelum memasuki masa perkuliahan yang akan dimulai awal Maret 2017.

Materi yang disampaikan dalam orienasi tidak hanya yang bersifat normatif, tetapi juga yang bersifat teknis, misalnya tentang teknik dan kaidah penulisan karya ilmiah yakni makalah, tesis, disertasi serta penyusunan abstrak dan proposal.

Sementara itu, Didin Saepudin, Wakil Direktur Bidang Akademik, Pengembangan Kelembagaan dan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menjelaskan syarat penulisan karya ilmiah di SPs UIN Jakarta sangat ketat.

Para mahasiswa baru itu, lanjutnya, harus benar-benar memahami aturan mainnya, termasuk untuk penulisan karya ilmiah berguna untuk membantu para mahasiswa dalam menulis dan menyelesaikan tesis atau disertasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper