Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tantang Trump, Starbucks Janji Pekerjakan 10.000 Pengungsi Muslim

Perintah Presiden Donald Trump yang melarang pengungsi dan warga dari tujuh negara mayoritas muslim memasuki Amerika Serikat terus menuai perlawanan.
Gerai Starbucks/Ilustrasi-Bloomberg
Gerai Starbucks/Ilustrasi-Bloomberg

Kabar24.com, WASHINGTON - Perintah Presiden Donald Trump yang melarang pengungsi dan warga dari tujuh negara mayoritas muslim memasuki Amerika Serikat terus menuai perlawanan. Salah satunya dilakukan oleh gerai kopi global, Starbucks.

Seperti dikutip dari Tempo.co, Senin (30/1/2017), Direktur Utama Starbucks Howard Schultz berjanji akan mempekerjakan 10.000 pengungsi di seluruh cabangnya yang tersebar di 75 negara.

"Kami tidak diam saja saat situasi semakin tidak menentu akibat kebijakan pemerintahan baru,” tulis Schultz kepada pegawainya di laman resmi perusahaan. 

"Ada lebih dari 65 juta warga dunia yang dimasukkan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai pengungsi. Kami akan mempekerjakan 10.000 di antaranya selama lima tahun mendatang,” ujar Schultz berjanji. 

Dia mengatakan upaya ini akan dimulai di Amerika dengan membidik para pengungsi yang selama ini telah membantu militer Amerika sebagai penerjemah ataupun posisi strategis lainnya. 

Trump meneken surat perintah untuk menutup akses pengungsi dan warga dari Suriah, Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, dan Yaman pada Jumat pekan lalu. 

Reuters menyebut jaksa dari California, New York, Washington DC, dan 13 negara bagian lain mengutuk larangan ini dan menyebutnya sebagai tidak konstitusional.

Sebagai petinggi Starbucks, Schultz kerap mengeluarkan pernyataan bersifat politis. Starbucks Amerika misalnya, melarang pengunjung membawa senjata api ke dalam gerai mereka. 

Schultz juga mengkritik upaya Trump untuk membekukan Obamacare, jaminan asuransi kesehatan nasional yang ditetapkan Presiden Barack Obama. Jika aturan ini dicabut, Schultz akan menyediakan layanan asuransi kesehatan untuk pegawainya yang terdampak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper