Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RESTRUKTURISASI UTANG: CPGT Bersiap Cari Investor Baru

PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk memasukkan klausul investor baru dalam rencana perdamaian sebagai sumber pembiayaan dalam proses restrukturisasi utang.
Ilustrasi pendanaan.
Ilustrasi pendanaan.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk memasukkan klausul investor baru dalam rencana perdamaian sebagai sumber pembiayaan dalam proses restrukturisasi utang.

Salah satu pengurus restrukturisasi utang PT Citra Maharlika Nusantara Corpora Tbk Tri Hartanto mengatakan proposal perdamaian yang diajukan tidak jauh berbeda dengan penyampaian debitur saat rapat sebelumnya.

"Rencana ada investor baru yang masuk atau mencari pembiayaan baru," kata Tri, Kamis (8/12/2016).

Dia menambahkan investor ‎tersebut bertujuan menyuntikkan dana guna penambahan armada debitur menjadi 400 unit. Debitur berharap penambahan tersebut bisa meningkatkan operasional usahanya di bidang biro perjalanan.

‎Debitur, lanjutnya, juga mengusulkan tenor pembayaran hingga 10 tahun dengan masa jeda atau grace period selama dua tahun. Akan tetapi, debitur belum menjelaskan lebih lanjut skema pembayaran untuk kreditur separatis maupun konkuren.

Pihaknya menjelaskan lama waktu pembayaran tersebut masih dapat berubah seiring dengan perkembangan bisnis debitur. Perusahaan berkode emiten CPGT tersebut menjanjikan adanya percepatan pembayaran apabila mengalami kenaikan pendapatan.

Selanjutnya, debitur mencantumkan adanya pembayaran cepat terhadap kreditur yang memiliki tagihan di bawah Rp100 juta. Pembayaran akan dilakukan dalam 12 bulan setelah homologasi tanpa harus melewati grace period.‎

Tri menuturkan pemaparan rencana perdamaian tersebut masih mendapat berbagai macam kritikan dari para kreditur. Mereka berpendapat debitur masih bisa memaksimalkan proyeksi bisnisnya agar pelunasan pembayaran menjadi semakin singkat.

‎Alhasil, imbuhnya, debitur mengusulkan adanya penundaan kewajiban pembayaran utang tetap selama 60 hari. Sesuai Undang-undang No. 37/2004 tentang Kepailitan dan PKPU, debitur mempunyai masa PKPU maksimal selama 270 hari.

Tim pengurus melaporkan usulan perpanjangan dari debitur telah mendapatkan dukungan dari seluruh kreditur secara aklamasi. Kreditur masih bersedia memberikan kesempatan bagi debitur untuk melakukan revisi pada proposal perdamaiannya.

"Kreditur masih mau memberi nafas kepada debitur, sidang permusyawaratan majelis hakim pemutus akan dilaksanakan pada 14 Desember 2016," ujarnya.

Sebelumnya, ‎Direktur Utama CPGT Leonard Stephen Jonathan berencana menambah kembali jumlah armadanya untuk mengoptimalkan lini usaha perusahaan. Adanya penambahan tersebut akan meningkatkan recovery rate terhadap tagihan kreditur separatis menjadi 40%.

‎"Kami optimistis bisa lancar melakukan pembayaran kepada kreditur karena masih percaya pada bisnis travel mempunyai prospek bagus," kata Leonard beberapa waktu lalu.

‎CPGT akan memprioritaskan pembayaran terhadap kreditur konkuren terutama vendor yang mendukung kegiatan operasional perusahaan. Pihaknya berjanji akan melakukan pelunasan pembayaran dengan lebih cepat agar mereka bisa kembali mendukung kegiatan bisnis debitur.

Debitur merupakan benruk perubahan manajemen baru dari PT Cipaganti Citra Graha Tbk pada akhir 2014. Saat itu, terjadi perubahan pemegang saham mayoritas dan re-branding atas sejumlah layanan bisnisnya.

Dalam situs resmi debitur, Parallax Venture Partners VIII Ltd mengambil alih 361.111.100 saham pada November 2014. Selanjutnya, Terra Investment Holding Ltd melakukan tender offer dan membeli 591.467.700 lembar saham milik masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper