Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polres dan Kodim 0706 Temanggung Antisipasi Demo 2 Desember

Ratusan personel Polres Temanggung dan Kodim 0706/Temanggung, Jawa Tengah siap mengantisipasi pergerakan peserta demontrasi yang akan berangkat ke Jakarta pada 2 Desember 2016.
Ilustrasi demo/Istimewa
Ilustrasi demo/Istimewa

Bisnis.com, TEMANGGUNG -  Ratusan personel Polres Temanggung dan Kodim 0706/Temanggung, Jawa Tengah siap mengantisipasi pergerakan peserta demontrasi yang akan berangkat ke Jakarta pada 2 Desember 2016.

Kapolres Temanggung, AKBP Wahyu Wim Hardjanto di Temanggung, Senin (28/11/2016), mengatakan sebanyak 400 personel Polres Temanggung dan 300 personel Kodim Temanggung akan diterjunkan untuk mengantisipasi pemberangkatan para demonstran ke Jakarta.

"Kami akan lakukan pemantauan di titik-titik perbatasan yang merupakan jalur menuju Jakarta, antara lain di Ngadirejo dan Bejen," katanya usai Apel Konsolidasi dalam rangka Mengawal Kebhinekaan di Halaman Kantor Bupati Temanggung.

Ia mengatakan pihaknya akan bertindak persuasif dahulu dengan pendekatan agar tidak ke Jakarta, jika nekat tentu akan ditindak tegas.

Ia mengatakan pemerintah, MUI, Muhammadiyah, NU dan ormas Islam lainnya telah mengimbau agar umat Islam tidak demonstrasi pada 2 Desember 2016 di Jakarta.

Ia mengatakan sesuai maklumat Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono tertanggal 25 November 2016, demonstrasi dapat di kabupaten/kota dalam provinsi Jateng mulai pukul 06.00 hingga 18.00 dan harus mentaati aturan.

"Sampai saat ini belum ada izin demo di Jakarta pada 2 Desember 2016, masyarakat Temanggung lebih baik demo di Kabupaten Temanggung saja, tidak usah ke Jakarta," katanya.

Ia mengatakan aksi 2 Desember tersebut terindikasi ditumpangi kelompok tertentu yang berupaya makar. Namun sejauh ini kondisi keamanan di Indonesia dan Temanggung khususnya dipastikan kondusif, warga tidak usah khawatir dalam beraktivitas. Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengatakan dukungan pada langkah Polri dan TNI dalam melarang warga iikut demonstrasi di Jakarta 2 Desember 2016.

"Saya dukung dan sepakat dengan maklumat polri yang dalam ini Kapolda Jateng," katanya.

Ia mengatakan NKRI harus dipertahankan dan merupakan harga mati. Masyarakat tidak usah ke Jakarta dan aspirasi dapat disalurkan di sini.

Komandan Distrik Militer 0706/ Temanggung Letkol Kav Zubaedi mengatakan TNI siap membantu tugas Polri dalam mencegah pergerakan massa ke Jakarta untuk demonstrasi.

"Kami juga telah lakukan pendekatan persuasif pada masyarakat untuk tidak ikut demo ke Jakarta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper