Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa UIN Jakarta Dibekali Sertifikat Pramuka

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang lulus akan dibekali sertifikat Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pramuka.
Pramuka. /Antara
Pramuka. /Antara

Bisnis.com, TANGSEL-Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta yang lulus akan dibekali sertifikat Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pramuka.

Sertifikat KMD Pramuka tersebut merupakan salah satu dari Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Muhammad Zuhdi, Wakil Dekan Bidang Akademik FITK UIN Jakarta, mengatakan untuk merealisasikan pelaksanaan kurikulum baru berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) FITK akan memberikan SKPI.

“FITK UIN Jakarta akan memberikan SKPI kepada para mahasiswa, yang salah satunya melalui program Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pramuka secara berkelanjutan,” katanya, Kamis (10/11/2016).

Menurut doktor lulusan McGill University, Kanada, itu para mahasiswa sebelum lulus dan menjadi sarjana, harus memiliki SKPI sebagaimana yang disyaratkan dalam kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) UIN Jakarta.

Dia melalui situs resmi UIN Jakarta juga menjelaskan kursus Pramuka atau KMD bukan satu-satunya yang akan diberikan kepada para mahasiswa, karena masih ada bentuk SKPI lain yang menunjang kualifikasinya sebagai calon guru.

Sementara itu Nanang Syaikhu, Pembina Pramuka UIN Jakarta, mengatakan sebagai tahap awal pihak FITK UIN Jakarta akan meng-KMD-kan para mahasiswa yang akan lulus tahun ini.

“Namun, pelaksanaan KMD ini masih sedang dimatangkan agar programnya dapat berjalan lancar dan tepat sasaran,” ujarnya.

Menurutnya Pramuka sangat dekat dengan kompetensi guru dan masih dalam ranah pendidikan, sehingga para mahasiswa akan dicoba ikutkan KMD, sekalipun tidak aktif dalam kegiatan Pramuka di kampus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper