Kementerian PU-Pera Usulkan Program Lingkungan di Konferensi Habitat III Ekuador

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan program 100-0-100 pada Hari Habitat Dunia (HHD) yang jatuh pada tanggal 3 Oktober 2016.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Oktober 2016  |  23:52 WIB
Kementerian PU-Pera Usulkan Program Lingkungan di Konferensi Habitat III Ekuador
Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengusulkan program 100-0-100 pada Hari Habitat Dunia (HHD) yang jatuh pada tanggal 3 Oktober 2016.

Setiap tahunnya UN-Habitat menetapkan tema yang akan diadopsi oleh negara-negara anggotanya.

Untuk tahun 2016, tema yang diangkat adalah ‘Housing At The Centre’, atau ‘Perumahan Penggerak Kota Berkelanjutan

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, syarat kota berkelanjutan yaitu nyaman dan produktif.

“Walaupun kota itu produktif kalau tidak nyaman tidak akan berkelanjutan terutama pelayanan air bersih dan sanitasi yang merupakan keharusan untuk suatu kota yang nyaman dan berkelanjutan,” ujarnya, Minggu (2/9)

Hari Habitat tahun ini sangat istimewa bagi Indonesia karena dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Preparatory Committee 3 untuk Habitat III yang diselenggarakan pada 25-27 Juli 2016 lalu di Surabaya.

Acara yang dihadiri oleh 193 negara, dilaksanakan untuk mempersiapkan isu-isu perkotaan yang kemudian disusun menjadi sebuah Zero Draft New Urban Agenda (ZD NUA) atau Agenda Baru Perkotaan yang akan dibawa untuk dibahas dan diratifikasi pada acara Habitat III di Quito, Ekuador pada 17-20 Okotber 2016.

Salah satu program yang akan diusung Indonesia dalam Konferensi Habitat III di Quito, Ecuador nanti adalah program 100-0-100 ; 100 persen ketersediaan akses air bersih, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen ketersediaan akses sanitasi sehat.

“Kalau kita ga punya akses air bersih dan sanitasi, subsidi kita pasti ke BPJS terus. Daripada ke BPJS lebih baik orang harus sehat,” ujar Basuki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
habitat for humanity, Kementerian PUPR

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top