Abu Sayyaf Kembali Bebaskan Tiga Sandera WNI

Tiga sandera Warga Negara Indonesia dibebaskan oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina pada Sabtu (1/10) malam, sekitar pukul 23.35 waktu setempat.
Newswire | 02 Oktober 2016 19:20 WIB
Suasana rumah mess PT Rusianto Bersaudara yang dihuni Elona, istri Robin salah satu Anak Buah Kapal (ABK) yang masih disandera di Filipina, Sabtu (13/8/2016). - Bisnis/M. Yamin

Kabar24.com, JAKARTA - Abu Sayyaf kembali membebaskan WNI yang mereka sandera.

Tiga sandera Warga Negara Indonesia dibebaskan oleh kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina pada Sabtu (1/10) malam, sekitar pukul 23.35 waktu setempat.

Menurut keterangan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, Minggu (2/10/2016), tiga sandera WNI yang dibebaskan tersebut atas nama Ferry Arifin, M. Mahbur Dahlan, dan Edi Suryono.

"Tadi malan telah dijemput oleh tim khusus dan telah dibebaskan pada pukul 23.35 dan ketiga sandera saat ini berada di Sulu Joint Task Force West Mincom untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan," kata Retno saat konferensi pers didampingi Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Proses selanjutnya ketiga WNI tersebut akan dibawa ke Samboaga untuk diserahkan secara resmi kepada Pemerintah Indonesia. Dalam hal ini akan diwakili Kedutaan Besar RI di Manila, katanya.

"Kepulangan akan kami sampaikan pada kesempatan pertama setelah proses di Samboaga selesai dilakukan," kata Retno.

Keluarga ketiga sandera tersebut telah dihubungi Kementerian Luar Negeri untuk menyampaikan masalah pembebasan tersebut, katanya.

Saat ini, masih ada dua sandera di lapangan yaitu atas nama Robin Peter dan M Nasir. Pemerintah Indonesia masih berupaya sekuat tenaga untuk membebaskan kedua sandera tersebut.

"Kami mohon doa agar upaya pembebasan kedua sandera tersebut dapat segera berhasil," kata Retno.

Sumber : Antara

Tag : Abu Sayyaf, WNI Disandera
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top