Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UIN Jakarta Terima Sertifikat AUN-QA Asean University Network

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta semakin diakui di kawasan Asean setelah menerima sertifikat Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) dari Asean University Network baru-baru ini.
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/facebook
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/facebook

Bisnis.com, TANGSEL- Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta semakin diakui di kawasan Asean setelah menerima sertifikat Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA) dari Asean University Network baru-baru ini.

Dede Rosyada, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan dengan diterbitkanya sertifikat AUN-QA maka UIN Jakara semakin diakui oleh dunia, khusunya di kawasan Asean.

“Dengan demikian, alumni UIN Jakarta bisa diterima untuk bekerja di negara-negara Asean, dan umumnya di dunia,” katanya, Senin (5/9/2016).

Menurutnya, menjadi salah satu perguruan tinggi yang diakui level Asean, merupakan suatu pencapaian yang patut diapresiasi dan disyukuri, dengan terus melakukan pembenahan dan berusaha meraih level yang lebih tinggi lagi.

Dede dalam situs resmi UIN Jakarta juga menjelaskan level yang lebih tinggi yang hendak dicapai perguruan tinggi Islam negeri tersebut antara lain Islamic- Quality Assurance (Islamic-QA).

Sementara itu Kusmana, Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu UIN Jakarta, mengatakan perlu dilakukan perbaikan expected learning outcomes (ELO) agar lebih memperhatikan kesesuaian antara jenjang kemampuan mahasiswa dengan level taxonomy bloom yang dilihat dari level semesternya.

Selanjutnya, perlu sistem regenerasi yang jelas di UIN Jakarta sehingga tidak terjadi kevakuman atau ketimpangan antara generasi senior dan junior, serta memberi perhatian yang lebih pada sistem pembekalan dan peningkatan kapasitas dosen dan staff secara regular dan berjenjang.

Kemudian asesor mendorong UIN Jakarta untuk meningkatkan mutu evaluasi dan revisi kurikulum  ke arah relevansi prodi dengan tuntutan pasar dan pengembangan keilmuan.

UIN Jakarta agar melibatkan users dalam revisi dan evaluasi kurikulum dengan segala aspeknya, serta lebih agressif lagi menawarkan kelas internasional dengan cara meningkatkan seleksi input yang diperluas baik regional maupun global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper