Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amankan Pulaunya, Jepang Berencana Kembangkan Pertahanan Rudal

Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengembangkan rudal dengan kemampuan jelajah hingga 300 kilometer guna melindungi pulau-pulau terisolasi milik negara tersebut, termasuk pulau Senkaku, yang disengketakan dengan China.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 15 Agustus 2016  |  10:23 WIB
Letak wilayah sengketa Pulau Senkaku-Diaoyu-Islands (dalam lingkaran) - cscubb.ro
Letak wilayah sengketa Pulau Senkaku-Diaoyu-Islands (dalam lingkaran) - cscubb.ro

Kabar24.com, JAKARTA— Pemerintah Jepang memutuskan untuk mengembangkan rudal dengan kemampuan jelajah hingga 300 kilometer guna melindungi pulau-pulau terisolasi milik negara tersebut, termasuk pulau Senkaku, yang disengketakan dengan China.

Seperti diberitakan oleh Bloomberg, Senin (15/8/2016) mengutip harian lokal Yomiuri, biaya pengembangan rudal akan dimasukkan dalam usulan alokasi dana untuk kementerian pertahanan untuk tahun fiskal yang akan berakhir pada Maret 2018. Pemerintah Jepang bermaksud penempatan rudal tersebut akan tuntas pada 2024.

China diketahui semakin menekan Jepang terkait sengketa pulau Senkaku yang disebut Diayou oleh negeri tirai bamboo tersebut. Ratusan kapal penangkap ikan dan lebih dari selusin kapal penjaga pantai China terlihat di daerah tersebut beberapa waktu terakhir dan melanggar klaim territorial Jepang. 

Peningkatan keteganga dalam sengketa yang telah berlangsung lama antara kedua negara dengan ekonomi terbesar di Asia tersebut terkait sejumlah pulau tak berpenghuni berpotensi meningkatkan benturan militer.

Hubungan antara mitra dagang tersebut terlihat semakin memburuk sejak 2012 ketika Jepang membeli tiga pulau di Laut China Timur dari pemilik pribadi pulau-pulau tersebut. Namun, ketegangan terlihat surut dalam beberapa tahun masa pemerintahan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping. China juga sepertinya lebih memfokuskan diri dengan sengketa territorial lain di Laut China Selatan.

Gesekan atara kedua negara terlihat kembali mencuat jelang pertemuan G20 pada September di China setelah adanya diskusi terkait kemungkinan pertemuan Abe dan Xi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang rudal laut china timur

Sumber : Bloomberg

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top