Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kim Jong Un Saksikan Rudal Korut Hantam Target. Simulasi Serang Korsel?

Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya telah melancarkan uji coba rudal balistik yang merupakan simulasi serangan pendahuluan terhadap pelabuhan dan lapangan udara Korea Selatan.
Rudal Korut/REUTERS-KCNA
Rudal Korut/REUTERS-KCNA

Kabar24.com, SEOUL - Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya telah melancarkan uji coba rudal balistik yang merupakan simulasi serangan pendahuluan terhadap pelabuhan dan lapangan udara Korea Selatan yang digunakan oleh militer Amerika yang sepertinya mengarah ke penembakan tiga rudal pada Selasa (19/7/2016).

Lembaga Berita Resmi Korea Utara KCNA menyebutkan pimpinan negara itu, Kim Jong Un mengawasi sendiri pelatihan yang sukses menguji simulasi peledakan hulu ledak nuklir yang dipasang pada rudal.

Tidak disebutkan tanggal pelaksanaannya. L embaga berita tersebut memang biasanya tidak menyertakan tanggal dan lokasi dalam laporan aktivitas pemimpinnya.

Militer Korea Selatan menyebutkan Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik yang berhasil menempuh jarak 500 hingga 600 kilometer ke arah laut di lepas pantai timurnya.

 “Pelatihan dilakukan dengan membatasi jarak tembak sesuai dengan kondisi simulasi serangan pendahuluan di pelabuhan dan lapangan udara di daerah operasi,” kata KCNA seperti dikutip Reuters, Rabu (20/7/2016).

Sementara itu, pihak militer AS yakin bahwa dua dari tiga rudal yang ditembakkan berjenis Scuds dan satu lainnya berjenis Rodong,

Korea utara diyakini sedang mengembangkan hulu ledak nuklir dan mencoba meminimalkan ukurannya agar bisa dipasang di rudal balistik. Namun, para ahli percaya negara tersebut masih membutuhkan bertahun-tahun lagi untuk bisa menguasai teknologi itu.

Peluncuran rudal pada tempo hari lebih dianggap sebagai unjuk kekuatan daripada uji coba untuk meningkatkan kemampuan rudal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper