Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UNIC-WWF-UNEP Kerja Sama Selamatkan Satwa Liar Indonesia

Pusat Informasi PBB (UNIC) Jakarta bekerja sama dengan WWF Indonesia dan Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP) mempromosikan kebanggaan nasional untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati dan satwa liar yang terancam punah.
Bekantan/Antara
Bekantan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pusat Informasi PBB (UNIC) Jakarta bekerja sama dengan WWF Indonesia dan Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP) mempromosikan kebanggaan nasional untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati dan satwa liar yang terancam punah.

Menurut keterangan tertulis saat acara "The United Nations Works For You" di Jakarta, Rabu (13/7/2016), kebanggaan nasional tersebut menargetkan kalangan anak muda di perkotaan yang juga merupakan kunci untuk mengubah perilaku dan selera konsumen dalam mendukung upaya konservasi.

UNIC Jakarta menjelaskan tujuan kampanye itu membangun kesadaran untuk melestarikan warisan bumi yang kaya di Indonesia untuk semua masyarakat.

Selain itu, untuk menyuarakan keprihatinan konsumen terhadap permintaan produk hewan eksotis dan meningkatkan kebanggaan pada keanekaragaman satwa liar yang luar biasa di Indonesia.

Secara khusus, UNIC Jakarta juga mendukung upaya WWF Indonesia untuk pemulihan populasi harimau Sumatera yang bertujuan menggandakan jumlah harimau liar pada 2022 yang juga jatuh sebagai Tahun Baru Imlek shio harimau.

Seiring dengan Hari Harimau Sedunia pada 29 Juli mendatang, WWF Indonesia akan mengkampanyekan TX2 (menggandakan jumlah harimau) dan diselenggarakan di salah satu mall kawasan Jakarta Pusat dan akan diikuti dengan kampanye online dan acara lainnya di sekolah-sekolah dan organisasi kepemudaan.

UNIC Jakarta menjelaskan akan fokus untuk memperhatikan tempat berkembang biak harimau di suaka margasatwa Rimbang Baling di Riau yang juga menjadi rumah bagi ratusan spesies langka lainnya.

Menurut UNIC Jakarta, banyak dari spesies tersebut berada dalam daftar terancam punah karena habitat yang terus berkurang akibat perbuatan manusia, misalnya penebangan dan perburuan liar.

UNIC Jakarta juga menyatakan acara tersebut akan menyoroti kebiasaan bertanggung jawa suku asli yang telah hidup berdampingan dengan alam dan hewan-hewan di sana dari generasi ke generasi.

Berdasarkan data PBB, diperkirakan lebih dari 300.000 jenis satwa liar atau sekitar 17% satwa dunia terdapat di Indonesia.

Indonesia juga menjadi habitat dari segala jenis satwa liar unik yang hanya dapat ditemukan di Indonesia saja.

Namun, Indonesia juga dikenal negara yang memiliki jumlah angka terbesar untuk kajahatan satwa liar di Asia Tenggara, yang melibatkan perdagangan satwa liar yang terancam punah baik untuk pasar domestik maupun di ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper