Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASCA BREXIT: Inggris 'Ribut' Soal Perdana Menteri Baru

Inggris, yang menyatakan diri keluar dari Uni Eropa, pada 2 September 2016 akan memiliki perdana menteri baru, menggantikan David Cameron yang menyatakan mundur setelag referendum Brexit, pekan lalu.
Perdana Menteri Inggris David Cameron berbicara di depan rumah di Jalan Downing No.10 London, sesaat setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa/Reuters
Perdana Menteri Inggris David Cameron berbicara di depan rumah di Jalan Downing No.10 London, sesaat setelah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa/Reuters

Bisnis.com, LONDON - Inggris, yang menyatakan diri keluar dari Uni Eropa, pada 2 September 2016 akan memiliki perdana menteri baru, menggantikan David Cameron yang menyatakan mundur setelag referendum Brexit, pekan lalu.

Partai Konservatif, partai penguasa, Senin (27/6/2016) menyatakan  Inggris bisa memiliki perdana menteri baru pada awal September.  Kini, Pemerintah berada di bawah tekanan untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan  Cameron yang mengumumkan  akan mengundurkan diri pada  Oktober setelah Inggris mengabaikan saran dan memilih untuk meninggalkan blok beranggotakan 28 negara itu dalam referendum pekan lalu.

Cameron mendesak para menteri untuk sementara ini bekerja sama. Namun, dia membentuk unit terpisah, yang dikelola oleh para pegawai negeri,  yang akan membantu menyarankan Inggris berjalan dan memilih untuk masa depan  setelah keluar dari Uni Eropa.

Semua itu dilakukan karena situasi bisa memicu pertempuran kepemimpinan yang bisa menarik beberapa penasihat terdekat  Cameron.  "Meskipun meninggalkan Uni Eropa tidak sejalan  dengan rekomendasi saya,  saya yang pertama untuk memuji kekuatan yang luar biasa kami sebagai sebuah negara," kata Cameron di parlemen.

"Kita harus melanjutkan dengan menerapkan keputusan ini dan menghadapi tantangan yang tidak diragukan lagi akan terbawa, saya percaya kita harus berpegang teguh pada visi Inggris yang ingin dihormati di luar negeri, toleran di rumah, terlibat dalam dunia."

Ditanya tentang kemungkinan referendum Uni Eropa kedua, Cameron mengatakan hasil suara  Kamis harus diterima.

Graham Brady, ketua "Komie 1922 " dari anggota parlemen Konservatif yang menetapkan aturan-aturan dasar partai di parlemen, mengatakan kelompok itu merekomendasikan  kontes kepemimpinan harus dimulai pekan depan dan menyimpulkan paling lambat 2 September.

"Baik Konservatif dan negara secara umum benar-benar ingin kepastian. Kami ingin resolusi dan kami pikir itu akan menjadi hal yang baik untuk menyimpulkan proses ini secepatnya dan kami  praktis bisa," Brady kepada Sky News.

Dia mengatakan seharusnya tidak ada pemilihan parlemen baru sebelum Inggris  menegosiasikan  keluar  dari Uni Eropa.

Beberapa anggota parlemen Konservatif telah mendesak calon pimpinan untuk mencoba untuk menengahi kesepakatan dengan cepat untuk memastikan  setiap kampanye adalah sebagai  penawar rasa sakit, dan untuk menghindari memperdalam perpecahan  selama kampanye referendum.

"Sebuah kontes kepemimpinan saat ini adalah tidak dalam kepentingan negara kita," kata Justine Greening, menteri pembangunan internasional. "Ini  berarti partai kami berfokus ke dalam pada waktu  negara kita di mana sebagian besar  kita sangat butuhan  untuk fokus ke luar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper