Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

17 Tahanan Jadi Tersangka dalam Kerusuhan Rutan Malabero

Sebanyak 17 orang tahanan Rumah Tahanan Malabero ditetapkan tersangka oleh Polres Bengkulu, dengan dugaan pengrusakan dan pembakaran Rutan.
Petugas gabungan TNI dan POLRI mengevakuasi tahanan saat kebakaran yang dipicu aksi tawuran dan tembak menembak antar napi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Malabero Kota Bengkulu/Antara
Petugas gabungan TNI dan POLRI mengevakuasi tahanan saat kebakaran yang dipicu aksi tawuran dan tembak menembak antar napi di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Malabero Kota Bengkulu/Antara

Kabar24.com, BENGKULU - Sebanyak 17 orang tahanan Rumah Tahanan Malabero ditetapkan tersangka oleh Polres Bengkulu, dengan dugaan pengrusakan dan pembakaran Rutan pada Jumat (25/3/2016) malam.

Penetapan tersangka ini dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan intensif hingga pukul 23.30 WIB, Minggu (27/3/2016).

"Untuk rekonstruksi hukum penanganan pembakaran Rutan Malabero, kami sudah menetapkan 17 orang tersangka," kata Kapolda Bengkulu Brigjend Pol M Ghufron dalam keterangan persnya.

Ghufron mengatakan dalam penanganan kasus pembakaran sendiri, kepolisian mengklasifikasikan perbuatan mereka menjadi tiga bagian, yaitu pelaku yang memulai melakukan aksi provokasi dengan menghasut rekan yang lain untuk melakukan pengerusakan, kemudian pelaku pembakaran, dan terakhir pelaku pengerusakan secara bersama-sama.

Untuk tersangka yang memulai provokasi untuk menghasut rekan lainnya berinisial EK, untuk pelaku pembakaran polisi menetapkan 2 orang tersangka atas nama NT dan NU, sementara untuk pelaku pengerusakan secara bersama-sama polisi menetapkan 14 orang tersangka inisialnya RE, NS, ES, HS, DH, ZE, NK, RW, Y, M, FZ, DF, SC, dan FD.

Para tersangka ini seluruhnya merupakan tahanan kasus narkoba.

Beberapa tersangka bahkan ada yang dijerat dengan ancaman secara akumulatif dan bukan pasal berlapis, karena memiliki lebih dari satu peranan, termasuk sang oknum provokator yang juga berperan sebagai pelaku pengrusakan secara bersama-sama.

Kapolda Ghufron menegaskan ketiga dasar jerat hukum ini akan diakumulatifkan, dengan dibuktikan seluruhnya atas masing-masing peranan yang dilakukan.

Kapolres Bengkulu AKBP Ardian Indra Nurita SIK menambahkan semua tersangka akan dikenakan pasal akumulatif dan ditambah dengan masa tahanan yang sudah ada sebelumnya.

“Untuk tersangka EK yang memulai provokasi dikenakan Pasal 160 ayat 1 KUHP dengan ancaman kurungan penjara 6 tahun. Dan untuk pelaku pembakaran NT dan NU dikenakan Pasal 187 KUHP dengan ancaman pidana seumur hidup karena mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain,” kata Ardian.

Terakhir, untuk 14 orang tersangka yang melakukan pengerusakan secara bersama-sama yang menyebabkan luka-luka dan kematian seseorang dikenakan Pasal 170 KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara.

"Kami masih terus mendalami kasus pembakaran rutan ini dan sangat tidak menutup kemungkinan dalam pengembangannya akan ada penambahan tersangka lagi," ujar Kapolres Ardian.

Terkait dengan banyaknya tahanan yang masih terkunci di dalam sel tahanan saat kejadian dan adanya gergaji besi mapun bambu-bambu yang berserakan di Rutan Malabero, menurut Ardian, ini akan didalami lebih lanjut.

"Ini menarik untuk didalami, kapan barang-barang itu bisa masuk? Siapa yang menyelundupkannya? Apakah ada unsur kelalaian? Ini akan terus kami kembangkan," kata Ardian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper