Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gurita Berpenampakan Mirip Hantu Casper Ditemukan di Perairan Hawaii

Sebuah kapal penelitian bawah laut menemukan sebuah gurita yang terlihat seperti hantu yang tampaknya merupakan sebuah spesies yang belum diketahui di dasar laut dekat Hawaii.
Gurita Casper/Reuters-NOAA
Gurita Casper/Reuters-NOAA

Kabar24.com, NEW YORK -Temuan sebuah gurita spesies baru berpenampilan mirip hantu menjadi perhatian kalangan peneliti.

Sebuah kapal penelitian bawah laut menemukan sebuah gurita yang terlihat "seperti hantu" yang tampaknya merupakan sebuah spesies yang belum diketahui di dasar laut dekat Hawaii.

Seorang ahli ilmu hewan AS mengatakan Sabtu waktu setempat atau Minggu (6/3/2016) bahwa penemuan tersebut menyorot betapa sedikitnya pengetahuan manusia akan laut dalam.

Makhluk yang berwarna putih susu itu disebut dengan nama "Casper si Hantu Baik Hati" oleh para pengguna Twitter, tertangkap gambar oleh kamera yang dipasang di kapal tersebut saat menjelajahi Samudera Pasifik di kedalaman 4.290 meter, Lembaga Pelaksanaan Atmosfer dan Kelautan Nasional (NOAA) mengatakan.

Menggolongkan hewan tersebut dalam sub-ordo Incirrate yang merupakan salah satu dari dua kelompok hewan sejenis gurita, NOAA mengatakan bahwa itu merupakan yang pertama kalinya seekor gurita jenis tersebut terlihat di kedalaman laut yang demikian.

"Hewan ini merupakan hewan yang tergolong tidak biasa dikarenakan dia tidak memiliki sel-sel pigmen, yang disebut dengan chromatophores, yang pada umumnya terdapat dalam hewan sepalopoda, dan badannya tidak tampak padat," ujar Michael Vecchione, seorang peneliti dan ahli ilmu hewan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Nasional NOAA.

Sepalopoda merupakan klasifikasi kelas dalam biologi yang meliputi gurita, cumi-cumi dan sotong.

"Laut dalam tidak banyak diketahui sehingga penemuan sejumlah hal yang tidak diperkirakan sebelumnya cukup sering terjadi," Vecchione mengatakan dalam sebuah surat elektronik. Ia menambahkan bahwa dirinya sangat tertarik dengan gambar tersebut.

"Apa yang tidak biasa adalah kesempatan untuk menelusuri kedalaman ini," tambahnya.

Makhluk tersebut hampir dapat dipastikan merupakan salah satu spesies yang belum pernah ditemukan oleh para ilmuwan, dan itu juga memungkinkan untuk termasuk dalam genus yang belum teridentifikasi, ujar Vecchione, yang berhubungan dengan Institusi Smithsonian di Washington DC.

Untuk lebih pastinya, dia mengatakan dalam sebuah surat elektronik, para ilmuwan membutuhkan setidaknya satu contoh, dan akan lebih baik jika membawa lebih banyak sampel untuk diteliti.

NOAA telah mengunggah sebuah rekaman video di situs web mereka yang menunjukkan sebuah makhluk yang bulat, berwarna pucat dengan mata yang tidak menunjukkan ekspresi, serta tentakel yang tampak lemas sedang beristirahat di dasar laut.

Penampakan makhluk yang demikian tersebut membuat sejumlah pengguna Twitter mengatakan bahwa hewan tersebut mirip dengan tokoh kartun Casper.

Penemuan minggu lalu itu terjadi pada saat penyelaman pertama dalam 2016 dari Penjelajah Okeanos, sebuah kapal yang dioperasikan oleh NOAA untuk menjelajahi wilayah perairan yang tidak begitu diketahui.

Kendaraan selam yang dikendalikan jarak jauh itu menemukan gurita tersebut dekat pulau Necker, atau yang disebut dengan Mokumanamana, bagian barat laut kepulauan Hawaii.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper