Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UIN Jakarta Resmi Miliki Pusat Ekonomi Kreatif

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta secara resmi memiliki Pusat Ekonomi Kreatif (Pekraf) yang peluncurannya dilakukan Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada dan Direktur Pekraf Rizaluddin Kurniawan, Kamis (10/12/2015).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Desember 2015  |  04:40 WIB
UIN Jakarta Resmi Miliki Pusat Ekonomi Kreatif
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta - Facebook

Kabar24.com, JAKARTA -  Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta secara resmi memiliki Pusat Ekonomi Kreatif (Pekraf) yang peluncurannya dilakukan Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada dan Direktur Pekraf Rizaluddin Kurniawan, Kamis (10/12/2015).

Rektor UIN dalam peluncuran Pekraf di Jakarta mengatakan bila selama ini perguruan tinggi lebih banyak berkutat pada pengembangan akademik seperti riset dan pengajaran, maka melalui pusat ekonomi ini diharapkan perguruan tinggi dapat berkiprah lebih jauh dengan terlibat langsung dalam kegiatan advokasi, riset, dan pendampingan ekonomi ummat.

"Pembangunan ummat harus menyeluruh. Selain penguatan di sisi keilmuan dan keislaman, penguatan di sisi ekonomi adalah hal yang tak bisa dilupakan," ujarnya.

Menurut dia, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang memunculkan pasar tunggal di kawasan ASEAN tinggal menghitung hari. Itu mengharuskan kesiapan ummat-bangsa untuk berkompetisi dengan masyarakat ekonomi dari negara-negara lain yang tergabung dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain produksi dan permodalan, kesiapan juga mencakup sisi sumber daya umat-bangsa yang kompetitif dalam persaingan di pasar tunggal ASEAN. "HadirnyaPekraf, sangat diharapkan dalam memberdayakan ekonomi ummat sehingga siap menjadi pelaku utama di pasar ASEAN, bahkan dunia," tambahnya.

Sementara itu Rizaludin menambahkan pendirian Pekraf UIN Jakarta merupakan upaya civitas academica kampus tersebut untuk terlibat langsung dalam pemberdayaan ekonomi umat di sektor ekonomi kreatif.

Selama ini, tuturnya, bidang tersebut belum banyak disentuh mengingat fokus utama lembaga pendidikan tinggi seperti UIN Jakarta sebagian besar lebih mengarah pada riset dan pengajaran akademik.

Ekonomi kreatif, sambung Rizal, penting disasar oleh lembaga perguruan tinggi mengingat makin potensialnya sektor ekonomi ini dalam penguatan kapasitas ekonomi umat-bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

UIN Jakarta

Sumber : Antara

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top