Manipulasi Saham Senilai Rp4 Triliun, Pengacara dan Manajer Investasi Ini Dibekuk

Seorang pengacara perusahaan sekuritas di New York dan dua penasihat investasi dibekuk atas dugaan penipuan senilai US$300 juta terkait saham penny atau saham gorengan.
Wan Ulfa Nur Zuhra
Wan Ulfa Nur Zuhra - Bisnis.com 05 November 2015  |  18:14 WIB
Manipulasi Saham Senilai Rp4 Triliun, Pengacara dan Manajer Investasi Ini Dibekuk
Ilustrasi/mirror.co.uk

Bisnis.com, BROOKLYN—Seorang pengacara perusahaan sekuritas di New York dan dua penasihat investasi dibekuk atas dugaan penipuan senilai US$300 juta atau Rp4,05 triliun (kurs Rp13.500 per dolar AS) terkait saham penny atau saham gorengan.

Kepolisian Amerika Serikat menangkap tiga orang pada Rabu (4/11/2015). Ketika orang itu adalah Pendiri Ofsink LLC Darren Ofsink, broker yang berbasis di California Darren Goodrich dan Direktur Pelaksana Halcyon Cabot Partners Ltd. Michael Morris.

Para terdakwa dituduh berpartisipasi dalam skema yang menipu investor dengan memanipulasi harga saham dari CodeSmart Holdings Inc., Cubed Inc. dan perusahaan kecil lainnya.

Upaya manipulasi itu menyebabkan nilai pasar dari perusahaan yang hampir tidak memiliki aset atau kegiatan bisnis itu melonjak setinggi US$300 juta. Kasus ini awalnya diajukan pada 2014.

Ketiga orang yang ditangkap Rabu itu dipercayakan untuk menjadi gatekeeper pasar sekuritas. Tetapi mereka malah melakukan skema manipulasi terbesar yang pernah ada. “Dalam melakukan aksinya, mereka memangsa investor lansia,” ujar jaksa Robert Capers. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
saham as

Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup