Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Siap Laksanakan Uji Kompetensi Guru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan siap melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan dilaksanakan pada 9-27 November 2015
ilustrasi Guru Madrasah/Antara
ilustrasi Guru Madrasah/Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan siap melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan dilaksanakan pada 9-27 November 2015.

Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Surapranata menyatakan saat ini kesiapan sudah mencapai 100%.

"Kemendikbud telah siap laksanakan UKG, penempatan dan jadwal uji kompetensi sudah siap 100% cuma verifikasi masih 99,5%," papar Pranata di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Saat ini, Pranata menjelaskan, jumlah peserta yang telah terverifikasi berjumlah 2.611.095 guru. Masih terdapat 14.297 guru yang belum terverifikasi.

"Sekarang pendaftaran dan verifikasi sudah tutup. Tapi kita akan buka lagi untuk 14.297 ini agar bisa ikut UKG tahun ini," tutur Pranata.

Selain itu, kata Pranata, terdapat 323.718 guru agama yang dihapuskan dari daftar peserta UKG. Kedepannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bekerjasama dengan Kementerian Agama untuk mengikutsertakan guru agama dalam UKG Nasional.

Pranata mangatakan, Seluruh guru baik PNS, non-PNS maupun honorer diwajibkan melakukan Uji Kompetensi guru (UKG) tahun ini.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk pemetaan kompetensi guru. Program ini juga untuk mengetahui materi pelatihan yang akan diberikan kepada guru. Dengan demikian bisa meningkatkan kemampuan mengajar ke depannya.

"Kalau ada guru yang kompetensinya belum sempurna ya itulah kesempatan untuk memperbaiki ketidaksempurnaan itu," tukasnya.

Seperti diketahui, UKG 2015 menggunakan dua sistem, yaitu UKG online, dan 24 november untuk UKG offline atau manual.

Sebanyak 2.949.110 guru akan menjalani UKG 2015. Ini termasuk 1,6 juta guru yang pada 2012 lalu telah mengikuti UKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper