Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SOAL UN SMP BOCOR: Kunci Jawaban Asli Juga Beredar

Dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat yang digelar 4-7 Mei 2015, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) masih menemukan beberapa kecurangan termasuk kebocoran soal dan kunci jawaban di beberapa wilayah.
Yulianisa Sulistyoningrum
Yulianisa Sulistyoningrum - Bisnis.com 22 Mei 2015  |  13:31 WIB
Kepala perwakilan Ombudsman NTB, Adhar Hakim menunjukkan temuan lembar kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP saat menggelar jumpa pers, di kantor Ombudsman NTB di Mataram, Selasa (5/5/2015). - Antara/Ahmad Subaidi
Kepala perwakilan Ombudsman NTB, Adhar Hakim menunjukkan temuan lembar kunci jawaban soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP saat menggelar jumpa pers, di kantor Ombudsman NTB di Mataram, Selasa (5/5/2015). - Antara/Ahmad Subaidi

Kabar24.com, JAKARTA-- Dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat yang digelar 4-7 Mei 2015, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) masih menemukan beberapa kecurangan termasuk kebocoran soal dan kunci jawaban di beberapa wilayah.

Salah satu kebocoran soal dan kunci jawaban yang diduga asli terjadi di  Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurut Komisioner Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan, Budi Santoso, kebocoran soal ini sudah ditelisik oleh tim ORI perwakilan NTB, dan sudah terbukti keaslian paket soal Bahasa Inggris tingkat SMP yang dibocorkan oleh oknum percetakan.

"Tim kami di NTB menemukan kebocoran soal lalu ditelisik hingga ujung asal muasal kunci jawaban tersebut. Tim kami sampai dapat kunci jawaban dalam bentuk soft file yang susah dipungkiri kalau itu adalah palsu," ungkap Budi.

Dalam menyelesaikan kasus tersebut, Ombudsman berkoordinasi dengan polda setempat untuk mengusut tuntas kasus ini.

"Kita sudah berkoordinasi dengan polda setempat, dan kasus ini juga sudah saya laporkan kepada Mendikbud Anies Baswedan. Pak Anies meminta untuk terus mengusut kasus ini hingga tuntas," ujarnya.

Menurut Budi, kasus kebocoran soal tersebut sudah terjadi sejak lama dan selalu ada setiap tahun. Ini disebabkan banyak pihak yang selalu ingin mencari keuntungan ekonomi dengan mengedarkan bocoran soal dengan harga yang sudah dipatok.

"Setiap tahun memang pasti ada oknum yang sengaja ingin mengganggu pelaksanaan UN. Jelas ini merugikan banyak pihak jadi kami harus usut tuntas," tandasnya.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top