Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak dari Eksekusi Mati, SBY Batal Berkunjung ke Australia

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut terkena dampak dari eksekusi hukuman mati dua terpidana pengedar narkoba asal Australia. Apa pasal?
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 29 April 2015  |  21:18 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono - Antara
Susilo Bambang Yudhoyono - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut terkena dampak dari eksekusi hukuman mati dua terpidana pengedar narkoba asal Australia. Apa pasal?

Ketua Umum Demokrat itu rencananya akan berkunjung ke Negeri Kangguru. Namun, karena memburuknya hubungan politik Indonesia-Australia pasca eksekusi mati dua terpidana pengedar narkoba, SBY batal ke Australia.

"Jika para "followers" mengikuti media massa Australia tentang pembatalan saya berkunjung ke Perth minggu ini adalah benar adanya. *SBY*," tulis SBY dalam akun Twitter @SBYudhoyono, Rabu (29/4/2015).

Dia menyampaikan, rencananya akan ke Perth sebagai visiting professor di University of Western Australia dan "enior fellow di US-Asia Centre.

Selain itu, tuturnya, dalam 5 hari kunjungan dirinya dijadwalkan untuk berikan pidato kunci di International Forum "In the Zone" tentang kerja sama Asia Pasifik.

"Namun, situasi politik, sosial dan "keamanan" tidak kondusif untuk kunjungan saya, berkaitan dengan protes keras Australia terhadap Indonesia," terangnya.

Menurutnya, masyarakat Australia amat emosional dan lakukan unjuk rasa di sejumlah kota, terkait eksekusi terpidana mati warga negaranya.
"Tuan rumah dan kedutaan Indonesia mengindikasikan selama berada di Perth akan terjadi hal-hal yang bisa mengganggu. Setelah berkonsultasi dengan Duta Besar RI untuk Australia dan pejabat utama di Jakarta, saya putuskan untuk membatalkan kunjungan saya."

Dia menambahkan saat menghadapi protes dan gempuran pertanyaan pers, tidak mungkin saya berseberangan dengan negara, pemerintah dan presiden Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby Eksekusi Mati
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top