Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dunia Diminta Hormati Hukum Indonesia

Tantowi Yahya, Wakil Ketua Komisi I DPR, meminta publik internasional menghormati hukum yang berlaku di Indonesia, terlebih yang mengatur tentang tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

Kabar24.com, JAKARTA—Tantowi Yahya, Wakil Ketua Komisi I DPR, meminta publik internasional menghormati hukum yang berlaku di Indonesia, terlebih yang mengatur tentang tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, setiap negara mempunyai aturan hukum yang berlaku. Terlebih, dirinya yakin bukan hanya Indonesia yang menerapkan hukuman mati untuk pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

“Jadi mereka harus menghormati hukum jika ada di kawasan indonesia,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (28/4).

Selain itu, penerapan hukuman mati di Indonesia untu tindak pidana narkoba bukan terjadi secara tiba-tiba.

Bahkan, saat warga negara asing masih terbang dan hendak menginjakkan kaki ke Indonesia, maskapai sudah memperingatkan adanya hukuman berat untuk pelaku tindak pidana itu.

“Selanjutnya, jika mereka tertangkap membawa narkoba, dan mengajukan upaya hukum setelah divonis, itu kan lucu,” katanya.

Saat di indonesia mereka paham betul konsekuensinya. “Ada rehabilitasi, penjara seumur hidup, sampai hukuman mati. Mereka tahu betul, tapi mereka berusaha tidak mengjormati hukum dengan melanggar aturan-aturan yang dibuat.”

Saat ini a.l. Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dari duo Bali Nine dari Australia, Raheem Agbaje Salami dari Nigeria, Rodrigo Gularte dari Brasil, Okwudili Oyatanze dari Nigeria, Martin Anderson dari Ghana, Silvester Obiekwe Nwaolise dari Nigeria, Zainal Abidin dari Indonesia, serta Mary Jane Veloso dari Filipina siap menerima hukuman mati.

Dijadwalkan, hukuman mati akan dilangsungkan pada selasa malam di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. “Konsekuensi itu yang harus mereka terima atas perbuatannya,” kata Tantowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper