Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perbudakan Benjina: Pegawai KKP tewas, DPR Yakin Kasus Masih Bisa Dilanjutkan

Komisi hukum DPR memastikan kasus perbudakan anak buah kapal asing oleh PT Pusaka Benjina Resources (PBR) masih bisa dilanjutkan meski saksi telah meninggal dunia.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 21 April 2015  |  16:20 WIB
Anak Buah Kapal (ABK) asal Myanmar, Laos dan Kamboja yang bekerja di PT. PBR Benjina tiba di PPN Tual, Maluku, Sabtu (4/4). - Antara
Anak Buah Kapal (ABK) asal Myanmar, Laos dan Kamboja yang bekerja di PT. PBR Benjina tiba di PPN Tual, Maluku, Sabtu (4/4). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Komisi hukum DPR memastikan kasus perbudakan anak buah kapal asing oleh PT Pusaka Benjina Resources (PBR) masih bisa dilanjutkan meski saksi telah meninggal dunia.

Ruhut Sitompul, anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, mengatakan penyidikan atas kasus perbudakan ABK di Benjina, Kepulauan Aru, masih bisa dilanjutkan meski sejumlah saksi kunci meninggal dunia.

Menurutnya, saksi kunci adalah saksi yang melihat langsung proses di tempat kejadian perkara. “Dalam kasus Benjina, Yosef Sairlela adalah salah satu saksi kunci,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (21/4/2015).

Namun sayangnya, papar Ruhut, Yosef yang menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Dobo, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah meninggal dunia. “Saksi kunci seharusnya dilindungi,” tegasnya

Meski demikian, lanjut Ruhut, penyelidikan masih bisa dilanjutkan dengan bukti-bukti lain.

“Dalam penuntutan, hanya perlu dua bukti untuk memperkuat. Saat ini bukti-bukti perbudakan sudah kuat sekali,” katanya.

Ruhut menduga adanya motif lain di balik kematian Yosef.

“Bisa jadi dia dibunuh, karena Yosef merupakan pejabat yang mengetahui banyak hal tentang Benjina. Nah kasus ini sudah menjadi sorotan, bukan tidak mungkin dia dibunuh,” tegasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kkp Perbudakan Benjina Yosef Sairlela
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top