Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Masuk Jajaran 100 Pemimpin Berpengaruh Dunia 2015

Majalah TIME yang berbasis di New York, menobatkan Presiden Joko Widodo dalam jajaran 100 pemimpin paling berpengaruh di dunia pada 2015.
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 18 April 2015  |  06:06 WIB
Jokowi di dalam mobil kepresidenan Mercedes-Benz, Sabtu (23/8/2014). - Antara/Reno Esnir
Jokowi di dalam mobil kepresidenan Mercedes-Benz, Sabtu (23/8/2014). - Antara/Reno Esnir

Bisnis.com, NEW YORK--Majalah TIME yang berbasis di New York, menobatkan Presiden Joko Widodo dalam jajaran 100 pemimpin paling berpengaruh di dunia pada 2015.

Dikutip dari laman resmi majalah TIME, Sabtu (18/4/2015), disebutkan Presiden Jokowi dinobatkan sebagai the 100 influential people bersama tokoh lain seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden China Xi Jinping, Kanselir Jerman Angela Merkel, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin.

Mantan Presiden Bank Dunia sekaligus mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Paul Wolfowitz menggambarkan sosok Jokowi sebagai sosok anti-ekstremis asal Indonesia. Sejak Pemilu Presiden tahun lalu, Jokowi dinilai telah membawa semangat generasi muda.

Jokowi juga dinilai memberikan sentuhan popularitas bagi bangsa yang besar akan keberagamannya, serta negara dengan penduduk terbesar keempat dunia dan negara berpenduduk muslim terbesar dunia.

"Presiden Widodo yang dikenal sebagai Jokowi, melejit dari sosok sederhana menjadi seorang pengusaha yang makmur, presiden Indonesia pertama yang seperti itu," ungkapnya.

Wolfowitz menambahkan, karir Jokowi berawal dari menjadi wal ikota Solo, kota kelahirannya. Kemudian menjadi Gubernur Jakarta yang merupakan salah satu kota besar dunia.

"Saya terkesan ketika dia tetap berdiri menghadapi ekstremis muslim yang menolaknya saat menunjuk seorang perempuan kristen sebagai lurah di Jakarta pada 2013," katanya.

Komitmen terhadap keberagaman tradisi keagamaan di Indonesia itu, sambungnya, membuat kesuksesan Jokowi tidak hanya penting bagi Indonesia, tapi juga dunia yang membutuhkan contoh kesuksesan sebuah negara demokratis berpenduduk mayoritas muslim.

Akan tetapi, katanya, Jokowi akan membutuhkan tingkat popularitasnya yang tinggi untuk mengatasi penolakan perubahan dari kelompok kepentingan yang bercokol di Indonesia.

Tidak hanya Jokowi, majalah TIME juga pernah menobatkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam daftar yang sama pada 2009 silam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi majalah time

Sumber : Time

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top