Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengereman Bermasalah, F-16 Akan Dipasang Drag Chute

TNI AU mengindikasi terbakarnya F-16 karena terjadi kerusakan pada hidrolik rem dan engine. Atas kondisi itu akan dilakukan modifikasi pada sistem pengereman.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 16 April 2015  |  15:40 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - TNI AU mengindikasi terbakarnya F-16 karena terjadi kerusakan pada hidrolik rem dan engine. Atas kondisi itu akan dilakukan modifikasi pada sistem pengereman.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Agus Supriatna menyatakan pada Juni mendatang semua pesawat F-16 akan dipasang drag chute atau parasute untuk membantu pengereman laju pesawat.

"Pesawat F-16 [sebenarnya] ada drag chute, tapi ini enggak ada. Nanti akan dipasang drag chute," katanya saat jumpa pers di Mabes TNI AU Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (16/4/2015).

Alutsista hibah dari Amerika Serikat ini memang sudah berusia 25 tahun. RI mendatangkan 24 pesawat F-16 dari negeri Paman Sam tetapi baru datang 5 unit pada akhir September 2014 dan lainnya didatangkan secara bertahap.

"Pesawat sudah diupgrade layak dipakai. Tapi sekali lagi buatan manusia pasti ada kekurangan. Kebetulan lagi rolliing pit off itu ada malfunction," katanya.

Kasau memastikan bahwa sparepart pesawat yang digunakan ilegal. Untuk level pesawat tempur, ia menjelaskan tidak ada sparepart ilegal. "Tidak ada itu, mungkin pesawat kecil. Itu sudah kita evaluasi," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni au f-16 terbakar
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top