Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJIAN NASIONAL 2015: Siswa di Bali Bebas Gunakan Ipad & Handphone

Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali menemukan hal mengejutkan saat Ujian Nasional (UN) di beberapa kota di Bali.
Natalia Indah Kartikaningrum
Natalia Indah Kartikaningrum - Bisnis.com 15 April 2015  |  17:08 WIB
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) serta Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf (kanan) saat inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 5 Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4). - Antara
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) serta Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf (kanan) saat inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 5 Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4). - Antara

Bisnis.com, DENPASAR-- Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Bali menemukan hal mengejutkan saat Ujian Nasional (UN) di beberapa kota di Bali.

Kepala Perwakilan ORI Perwakilan Bali, Umar Ibnu Alkhatab, mengatakan berdasarkan hasil pantauan tim yang disebar di seluruh sekolah, ditemukan beberapa sekolah di kawasan Kota Denpasar ada siswa menggunakan handphone, Ipad, dan sejenisnya saat mengerjakan soal ujian.

"Kami hanya memantau lewat jendela ruangan. Dari seluruh ruangan yang kami pantau, ada siswa yang mengoperasikan barang elektronik tersebut saat ujian berlangsung," ungkapnya saat dihubungi media, Rabu (15/4/2015).

Dikatakan, timnya sudah melakukan pemantauan di 13 sekolah secara acak di Denpasar, dan rata-rata menggunakan ruang ujian sebanyak 20 ruangan.

Dari pantauan tersebut, ada 10 hingga 12 ruangan yang siswanya menggunakan handphone atau tablet.

"Bahkan ada dalam satu ruangan yang menggunakan tiga tablet yang beredar dari satu tangan ke tangan lainnya," tuturnya.

Yang menarik lagi, lanjutnya, pengawas ujian jelas melihat aksi tersebut, dan tidak ada upaya menegur atau menahan barang elektronik tersebut.

Dia menjelaskan, pada hari ketiga UN berlangsung, Ombudsman Bali bergerak ke beberapa kabupaten seperti Tabanan, Badung, Gianyar, dan Buleleng. Pemantauan dilakukan melalui jendela.

Semua data, fakta yang ditemukan, dan informasi nantinya akan dikumpulkan kemudian dibuatkan rangkuman untuk dilaporkan ke beberapa pihak terkait.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top