Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ombudsman Temukan Fotokopi Kunci Jawaban UN Beredar di Padang

Ombudsman Sumatra Barat menemukan lembar fotokopi yang diduga sebagai kunci jawaban dari soal ujian nasional (UN) 2015 mata pelajaran Bahasa Indonesia beredar di Kota Padang.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 13 April 2015  |  18:22 WIB
Ujian Nasional - Ilustrasi/Beritajakarta.com
Ujian Nasional - Ilustrasi/Beritajakarta.com

Bisnis.com, PADANG - Ombudsman Sumatra Barat menemukan lembar fotokopi yang diduga sebagai kunci jawaban dari soal ujian nasional (UN) 2015 mata pelajaran Bahasa Indonesia beredar di Kota Padang.

Ketua Ombudsman Sumbar Yunafri mengatakan tim pengawas ujian di lapangan menemukan dua siswa SMA yang memfotokopi lembar jawaban.

“Yang dikhawatirkan bukan bocornya, ini dugaan. Kalau benar ya syukurlah (menguntungkan siswa), kala tidak, yang rugi siswa sendiri,” ujarnya, Senin (13/4/2015).

Yunafri menuturkan penemuan kunci jawaban itu bermula ketika tim dari Ombudman Sumbar memantau pelaksanaan UN di Kota Padang yang ditempatkan di enam titik.

Di salah satu kios yang berlokasi di dekat Madrasah Aliyah Kota Padang, tim menemukan dua anak SMA yang datang memfotokopi lembar jawaban. Lembar jawaban ditemukan dalam bentuk manual dan hasil print komputer.

Yunafri belum bisa memastikan apakah kunci jawaban yang beredar tersebut adalah asli atau palsu. “Kalau kunci ini benar, berarti soal beredar atau bocor. Kalau salah, bararti jawaban ini bodong,” katanya.

Ombudsman, katanya, akan melakukan pengujian terhadap hasil temuan kunci jawaban pasca ujian keseluruhan selesai. Pengujian akan dilakukan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kanwil Kementerian Agama Sumbar, serta lembaga terkait.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ombudsman sumatra barat Ujian Nasional 2015
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top