Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

16 WNI Ditahan Otoritas Turki, Kemenlu Langsung Bergerak

Ada 16 WNI ditemukan dan ditahan oleh otoritas Turki di perbatasan dengan Suriah. Kini, kabar tersebut tengah didalami oleh Pemerintah Indonesia.
Menlu Retno LP Marsudi (kiri)  memberi keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/2/3015)./JIBI-Akhirul Anwar
Menlu Retno LP Marsudi (kiri) memberi keterangan pers, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/2/3015)./JIBI-Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA - Ada 16 WNI ditemukan dan ditahan oleh otoritas Turki di perbatasan dengan Suriah. Kini, kabar tersebut tengah didalami oleh Pemerintah Indonesia.

Kementerian Luar Negeri sedang mendalami kabar 16 warga negara Indonesia yang ditemukan dan ditahan oleh otoritas Turki di perbatasan dengan Suriah.

Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi belum dapat memastikan apakah laporan tersebut merupakan 16 WNI yang hilang dalam perjalanan tur wisata sejak 24 Februari 2015 lalu atau bukan.

"Kami terus komunikasi dengan dubes kita di Ankara. Isunya sedang didalami. Kita masih akan terus lakukan komunikasi pertemuan dengan otoritas Turki terkait masalah 16 orang itu," kata Menlu di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (12/3/2015).

Sebelumnya ada 16 WNI yang hilang dalam perjalanan wisata di Istanbul Turki. Disebut-sebut mereka bergabung dengan Negara Islam Iraq Suriah dengan modus perjalanan wisata. 

"Jawaban saya sama, tahap ini kita lakukan pendalaman, apakah betul. Juga kita dalami motif dan sebagainya, jadi pada tahapan ini saya belum bisa berikan informasi lebih," kata Retno.

Saat ini Dubes Indonesia untuk Turki sedang menuju ke Kementerian Luar Negeri Turki. Kemenlu Indonesia masih menunggu informasi terkini dari Turki.

Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman mengatakan semua instansi bekerjasama yakni BIN, Kemenlu, TNI dan Polri untuk mengetahui identitas WNI yang ditahan oleh otoritas Turki.

"Begitu nanti kita pasti informasinya siapa yang ditahan kita akan informasikan ke media," ujarnya.

Sampai sekarang identitas 16 WNI belum diketahui apakah termasuk bagian dari kelompok perjalanan lalu atau kelompok lain. Pasalnya Turki merupakan pintu masuk tidak hanya dari Indonesia tapi dari negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper