Beredar Surat Jokowi Tunjuk Gunawan Jadi Kapolri

Surat penunjukan calon Kapolri beredar di dunia maya. Dalam surat itu disebutkan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Gunawan ditunjuk sebagai calon kepala Polisi Republik Indonesia (Polri).
Jafar Sodiq Assegaf | 10 Januari 2015 11:58 WIB
Surat Presiden Jokowi menunjuk Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Gunawan ditunjuk sebagai calon kepala Polisi Republik Indonesia - Jibiphoto

Kabar24.com, JAKARTA-- Surat penunjukan calon Kapolri beredar di dunia maya. Dalam surat itu disebutkan Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Budi Gunawan ditunjuk sebagai calon kepala Polisi Republik Indonesia (Polri).

Surat penunjukan calon Kapolri yang beredar di Twitter itu, bernomor R-01/Pres/01/2015 dan tertanggal 9 Januari 2015. Surat ditandatagani oleh Presiden Joko Widodo. Perihalnya, pemberhentian dan pengangkatan kapolri menggantikan Jenderal Sutarman.

Surat penunjukan calon Kapolri ditujukkan kepada ketua DPR RI. Surat tersebut berisi meminta persetujuan DPR terhadap rencana pemerintah untuk mengangkat Budi Gunawan menjadi kapolri yang baru dan memberhentikan Jenderal Polisi Sutarman.

Dalam surat penunjukan calon Kapolri disebutkan Budi Gunawan dipandang mampu dan cakap serta memenuhi syarat untuk diangkat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kami berharap DPR memberikan persetujuannya dalam waktu tidak terlalu lama,” demikian seperti dikutip dalam surat tersebut, Sabtu (10/1/2015).

Budi Gunawan kini menjabat kepala Lembaga Pendidikan Polri. Jendral yang lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Desember 1959 ini pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI di masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Diberitakansebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) meyakini Komjen Pol. Budi Gunawan akan menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Jenderal Pol Sutarman sebagai Kapolri dan mengawal pemerintahan Jokowi-JK.

Menurut Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane, dari sisi senioritas di Kepolisian, Komjen Budi Gunawan merupakan salah satu senior Akpol angkatan 83 yang memiliki pangkat Komjen. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

Jokowi, JK & Para Menteri Hadiri HUT PDIP ke-42

EVAKUASI AIRASIA QZ8501: Hari Ini 21 Jenazah Proses Identifikasi

Bali Targetkan Bangun 200 Irigasi

 

 

Sumber : Solopos.com

Tag : kapolri
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top