Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EVAKUASI AIRASIA QZ8501: KNKT Tak Bisa Pastikan Pesawat Terbelah Berapa Bagian

KNKT belum bisa memastikan pesawat AirAsia QZ8501 terbelah ke dalam berapa bagian.
Serpihan diduga bagian dari pesawat AirAsia QZ8501/Antara
Serpihan diduga bagian dari pesawat AirAsia QZ8501/Antara

Kabar24.com, PANGKALAN BUN- Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo hari ini, Senin (5/1/2015), memperlihatkan puing-puing pesawat Airasia QZ8501 yang berhasil ditemukan Badan SAR Nasional sejak 31 Desember 2014 hingga 4 Januari 2015, namun KNKT belum bisa memastikan pesawat Airbus A320 itu terbelah ke dalam berapa bagian.

"KNKT belum dapat memprediksi atau memastikan pesawat terbelah berapa, sekalipun telah banyak serpihan pesawat yang ditemukan. Kan ditemukan ada yang bagian depan, bagian tengah, maupun belakang. Jadi tidak tahu bagaimana kondisi pesawatnya," kata Nurcahyo di Pangkalan Bun, Senin.

Puing-puing yang telah ditemukan adalah berupa peluncur sebelah kanan belakang, bagasi kursi nomor 6, botol untuk peluncur, serpihan panel, kursi pramugari, peluncur depan kanan, serpihan tempat bagasi penumpang, dan tutup bagian servihan panel.

KNKT beralasan belum bisa menyimpulkan terbelah ke dalam berapa pesawat ini, karena tim Airbus selaku pembuat pesawat yang telah berada di Pangkalan Bun pun belum dapat menyimpulkan hasil serpihan yang telah ditemukan ini.

Nurcahyo mengatakan sekalipun serpihan pesawat Airasia sudah berada di Pangkalan Bun, Semarang, Surabaya, dan lainnya, tetapi hal itu tidak akan mempengaruhi proses identifikasi pesawat karena Basarnas selalu berkoordinasi dan mengkomunikasikan hasil termuannya.

"Semua serpihan yang ditemukan kan kami dicatat. Sampai sekarang ini KNKT pun belum menentukan di mana nanti lokasi serpihan akan diletakkan, apakah di Pangkalan Bun, Jakarta, Semarang, atau lokasi lainnya. Tidak masalah, terpenting itu terambil dahulu," kata dia.

Nurcahyo mengatakan ada empat personel KNKT berada di Lanud Iskandar, dibantu tiga orang dari Airbus, sedangkan 14 orang lainnya berada di Pelabuhan Kumai. Mereka bertugas mengumpulkan dan mengamankan serpihan-serpihan temuan Basarnas.

"Rencananya satu orang lagi dari Airbus akan datang ke Pangkalan Bun. Mereka nantinya yang mengkaji di mana saja letak serpihan pesawat Airasia yang telah ditemukan Basarnas. Kami belum tahu terbelah berapa pesawat Airasia itu," demikian Nurcahyo. (Antara)

 

BACA JUGA:

Nicki Minaj Mengaku Pernah Aborsi

5 Fakta Kehidupan Perlu Anda Ketahui Agar Bahagia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper