Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TKI di Sabah Gembira Dapat Surat Nikah

Warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia merasa senang mendapatkan surat nikah setelah mengikuti isbath nikah yang diselenggarakan Konsulat RI Tawau Negeri Sabah, Malaysia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Desember 2014  |  21:05 WIB
TKI di Sabah Gembira Dapat Surat Nikah

Kabar24.com, NUNUKAN--Warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia merasa senang mendapatkan surat nikah setelah mengikuti isbath nikah yang diselenggarakan Konsulat RI Tawau Negeri Sabah, Malaysia.

Muhammad Basri, salah seorang WNI yang mengikuti isbath nikah saat diwawancara di Tawau, Selasa mengungkapkan kegembiraannya atas diprakarsai Kantor Perwakilan Indonesia di Tawau bekerjasama Pengadilan Agama Jakarta Pusat tersebut untuk mendapatkan legalitas pernikahan sirinya saat masih berada di kampung halamannya di Kabupaten Bulukumba, Sulsel.

WNI yang bekerja sebagai security di perusahaan kelapa sawit Sabah Emas ini mengatakan, menikah dengan istrinya sejak 1992 silam dan saat ini telah dikaruniai tiga orang anak selama bekerja di negara tetangga tersebut, tulis Antara.

"Saya sangat senang karena telah punya surat nikah melalui isbath nikah yang diselenggarakan Konsulat RI Tawau ini. Saya sangat bahagia," ujar dia kepada ANTARA di Nunukan usai mengikuti isbath nikah di Konsulat RI Tawau.

Hal yang sama diungkapkan Suwarji bin Katijan (39) bahwa isbath nikah yang digelar Kantor Perwakilan RI di Tawau menunjukkan perhatian bagi WNI yang telah hidup berumah tangga tanpa dilengkapi surat nikah.

Suwarji bin Katijan mengatakan, dirinya sangat senang karena selama ini hanya menikah siri dengan istrinya bernama Rosnawati asal Kabupaten Bone, Sulsel.

"Isbath nikah ini sebagai bentuk perhatian Konsulat RI di Tawau terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang telah berumah tangga melalui pernikahan siri di Malaysia ini untuk mendapatkan surat nikah," kata dia.

Konsul RI Tawau, Muhammad Soleh secara terpisah di Tawau, Selasa menyatakan, isbath nikah yang ketiga kalinya dilaksanakan ini merupakan program tahunan untuk memberikan perlindungan kepada WNI yang bekerja di wilayah kerjanya yakni Lahad Datu, Semporna, Kunak dan Tawau yang telah berumah tangga dan belum memiliki surat nikah.

Isbath nikah yang diselenggarakan 22-24 Desember 2014 ini, lanjut dia, bekerjasama dengan Pengadilan Agama Jakarta Pusat yang didatangkan ke Konsulat RI di Tawau untuk melegalkan pernikahan para WNI tersebut.

Ia menargetkan, jumlah WNI yang diikutkan isbath nikah 2014 ini sebanyak 322 pasangan suami istri namun diperkirakan akan melebihi dari itu disebabkan antusiame WNI yang menjaid buruh migran di negeri jiran itu untuk mendapatkan surat nikah cukup tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tki malaysia Buku Nikah
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top