Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paus Ucapkan Selamat Atas Normalisasi Hubungan AS-Kuba

Paus Fransiskus memimpin doa global atas dicapainya normalisasi hubungan Amerika Serikat - Kuba yang merupakan langkah bersejarah.
Paus Fransiskus/Reuters
Paus Fransiskus/Reuters

Kabar24.com, PARIS- Paus Fransiskus memimpin doa global atas dicapainya normalisasi hubungan Amerika Serikat - Kuba yang disambut di Eropa dan Amerika Selatan sebagai langkah bersejarah dan dirayakan di jalanan kota Havana.

Menurut Paus, Vatikan telah memainkan peran sangat penting dalam membawa negara adidaya kapitalis global dan negara pulau nan komunis itu akhirnya bergandengan tangan lagi.

Paus asal Argentina ini mengirimkan ucapan selamat yang hangat kepada dua negara yang dulunya sangat bermusuhan itu, karena berhasil mengatasi kesulitan-kesulitan di antara mereka.

Oktober lalu, Vatikan menyeru Presiden AS Barack Obama dan pemimpin Kuba Raul Castro untuk mengakhiri permusuhan, dengan menawarkan penengah yang membuka jalan bagi solusi yang bisa diterima kedua belah pihak.

Sementara itu, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper yang negaranya tak pernah memutuskan hubungan dengan Kuba menyatakan negaranya juga berperan dalam normalisasi hubungan AS-Kuba itu dengan menjadi tuan rumah pertemuan rahasia pada 2013. Kanada juga menyambut baik perkembangan terakhir antara kedua negara itu.

Uni Eropa yang menyatakan akan menormalisasi hubungan dengan Kuba, menyebut mesranya lagi AS dan Kuba sebagai titik balik sejarah.

"Hari ini dinding mulai runtuh," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini, sembari mengatakan ke-28 negara anggota Uni Eropa ingin memperluas hubungan dengan semua bagian masyarakat Kuba.

Di Amerika Selatan, lima negara anggota blok Mercosur yang tengah bertemu di Argentina menyambut gembira kabar tersebut.

"Kita tengah melalui hari yang bersejarah," kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang adalah sekutu utama Kuba pada pertemuan di Argentina itu.

Maduro lalu menyebut ini sebagai kemenangan moral bagi Fidel Castro. Dia juga menggarisbawahi peran Paus Fransiskus.

"Ini berkat peran beliau, dan ini adalah kado terbaik untuk ulang tahunnya," kata dia merujuk hari ulang tahun ke-78 Paus Fransiskus. (Antara)

 

BACA JUGA:

Boyhood Ternyata Menjadi Film Favorit Barack Obama

7 Tanda Anda Terlalu Memanjakan Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper