Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Urus Perbatasan, BNPP Ajukan Tambahan Dana Rp3 Triliun

Untuk mempercepat di wilayah tapal batas negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) hendak mengajukan tambahan dana guna pembangunan jalan lokal, prasarana pendidikan, dan kesehatan senilai Rp2,97 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA-- Untuk mempercepat di wilayah tapal batas negara Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) hendak mengajukan tambahan dana guna pembangunan jalan lokal, prasarana pendidikan, dan kesehatan senilai Rp2,97 triliun.

Dalam pemaparannya, Jumat (5/12/2014), Sekretaris BNPP Triyo Budi Sasongko memgatakan dari 187 kecamatan di perbatasan, dalam tahap ini BNPP dana tambahan itu akan difokuskan pada 50 titik pertama.

Adapun berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 pemerintah dan DPR telah menyepakati belanja infrastruktur yang dikucurkan pada beberapa kementerian sekira Rp140,8 triliun.

Dalam alokasi itu terdapat alokasi dana untuk pembangunan jalan baru, layanan rute perintis, pembangunan dermaga, dan prasarana kelistrikan.

Sementara itu pemerintah juga menyediakan dana di bidang pendidikan senilai Rp88,3 triliun yang salah satu sektor belanjanya adalah perbaikan sekolah.

Selain itu ada pula dana untuk Kementerian Kesehatan senilai Rp47,8 triliun di antaranya untuk membangun fasilitas kesehatan primer di kawasan perbatasan dan sangat terpencil.

Di sisi lain, dalam beberapa kesempatan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro juga selalu menekankan bahwa penghematan dana hasil pemangkasan subsidi bahan bakar minyak (BBM) senilai Rp110-Rp140 triliun sebagian besar akan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper