PNM Pekanbaru Salurkan Rp101,11 Miliar

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Cabang Pekanbaru telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp101,11 miliar kepada 5.991 nasabahnya sepanjang periode Januari-Oktober 2014.
Lili Sunardi | 02 November 2014 16:10 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM Cabang Pekanbaru telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp101,11 miliar kepada 5.991 nasabahnya sepanjang periode Januari-Oktober 2014.

Ramon Agustus, Pimpinan PNM Cabang Pekanbaru, mengatakan pembiayaan yang disalurkan perusahaan hingga Oktober tahun ini tumbuh 21,08% menjadi Rp101,11 miliar, dari Rp83,5 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Pada Oktober tahun lalu nasabah kami mencapai 4.525, dan meningkat menjadi 5.991 pada Oktober tahun ini,” katanya di Pekanbaru, Minggu (2/11/2014).

Ramon menuturkan PNM berupaya mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan pembiayaan dan program pelatihan usaha yang diberikan kepada nasabahnya. Dengan begitu, pelaku usaha lokal dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memasarkan produknya.

Tahun ini, perusahaan telah bekerjasama dengan PT Chevron Pacific Indonesia untuk mengembangkan usaha peternakan sapi yang dilakukan Suku Sakai. Badan usaha milik negara itu juga menggandeng Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dalam memberikan pelatihan kepada nasabah penerima dana lembaga tersebut.

“Kami juga secara reguler melakukan pelatihan melalui program peningkatan kapasitas usaha. Di Klaster Duri, kami melakukan pelatihan terhadap 40 nasabah dari proyek kerja sama PNM dengan Chevron, 160 nasabah UlaMM, dan 100 warga setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Arief Mulyadi, Executive Vice President I PNM, mengatakan UMKM harus dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Riau. Pasalnya, wilayah tersebut memiliki potensi perkebunan, kehutanan, dan migas yang besar dan menjadi andalan perekonomian nasional.

Tag : pt permodalan nasional madani (pnm)
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top