Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mimika Peroleh Penghargaan Distribusi Raskin Terbaik 2014

Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, memperoleh penghargaan sebagai Pendistribusian Raskin Terbaik dari pemerintah. Pemkab ini dinilai mampu mengembangkan inovasi dalam distribusi Raskin, walau dengan kondisi geografis dan topografis yang berat dan sulit.nn
Raskin Award adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota, yang berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan Program Raskin./ BISNIS.COM
Raskin Award adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota, yang berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan Program Raskin./ BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA – Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, memperoleh penghargaan sebagai Pendistribusian Raskin Terbaik dari pemerintah. Pemkab ini dinilai  mampu mengembangkan inovasi dalam distribusi Raskin, walau dengan kondisi geografis dan topografis yang berat dan sulit.

Tim Koordinasi Raskin Kabupaten Mimika dinilai mampu mendistribusikan raskin dengan baik, lancar, tepat waktu, tepat jumlah, dan bahkan tepat harga, walau dengan kondisi geografis dan topografis yang berat dan sulit, serta kondisi sosio-kultural masyarakat yang rentan terhadap konflik.

Kabupaten Mimika dan sejumlah kabupaten/kota yang berkomitmen melakukan program beras bagi masyarakat miskin (Raskin) dengan baik, memperoleh penghargaan Raskin Award dari pemerintah.

Menko Kesra Agung Laksono menuturkan  Raskin Award adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota, yang berkomitmen tinggi dalam pelaksanaan Program Raskin.

Tujuan Penganugerahan Raskin Award ini, katanya, adalah memberikan apresiasi kepada Pemkab/Pemkot yang telah melaksanakan Program Raskin dengan baik. Dampak yang diharapkan adalah menstimulir pemerintah daerah agar lebih meningkatkan komitmen dan partisipasi langsung dalam kegiatan ini.

“Misalnya pengalokasian dukungan APBD untuk pelaksanaan program raskin, meningkatkan koordinasi antara Pemkab/Pemkot dan Perum Bulog, melakukan monitoring dan evaluasi secara baik, serta mengembangkan inovasi dalam pengelolaan dan pendistribusian Raskin,” ujar Menko Kesra di Jakarta, Kamis (09/10/2014).

Proses seleksi Penganugerahan Raskin Award ini, dilakukan oleh panitia yang terdiri dari Tikor Raskin Pusat, Kemenko Kesra, Perum Bulog, BPS, TNP2K, kementerian/lembaga, serta unsur perguruan tinggi.

Seleksi dilakukan dalam beberapa tahap. Yaitu desk evaluation, isian dokumen kuesioner, wawancara langsung dengan RTS, serta evaluasi deskriptif terhadap kinerja lima tahun terakhir yang dilakukan oleh Pemkab/Pemkot dalam melaksanakan Program Raskin.

Agung menuturkan diharapkan penghargaan ini dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan penyaluran raskin di wilayah lainnya, untuk dapat mencapai 6T. Yaitu tepat sasaran, tepat harga, tepat jumlah, tepat mutu, tepat waktu, dan tepat administrasi.

Penerima Raskin Award 2014 ini ada beberapa kategori. Yaitu:

Kategori Umum Kabupaten, untuk Peringkat I diraih Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Peringkat II, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur. Dan Peringkat III, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur.

Untuk Kategori Umum Kota, Peringkat I Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Peringkat II Kota Sabang, Provinsi Aceh, dan Peringkat III Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Kategori Khusus, untuk Partisipasi Pemda Terbaik diraih Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau,  dengan pertimbangan telah mengalokasikan APBD dalam mendukung Pelaksanaan Program Raskin yang jumlahnya relatif cukup besar. 

Partisipasi Masyarakat Terbaik diraih Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, karena dinilai mampu menggerakkan partisipasi masyakat dengan melibatkan lian banjar (kepala dusun).

Transparansi Program Terbaik diraih Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, karena tingkat transparansinya dinilai sangat baik terkait dengan pemutakhiran data RTS, sebagai indikator utama Tepat Sasaran Program Raskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper