Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasukan Berkuda Turut Amankan Pelantikan Anggota DPR

Sebanyak sepuluh pasukan berkuda turut mengamankan Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di halaman Gedung MPR DPR RI Senayan.
Polisi Berkuda/Antara
Polisi Berkuda/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Sebanyak sepuluh pasukan berkuda turut mengamankan Pelantikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di halaman Gedung MPR DPR RI Senayan.

Komandan Detasemen Turangga Kompol Nurdin mengatakan pengerahan pasukan berkuda di depan Gedung MPR DPR sebagai langkah pencegahan dan pengendalian adanya demonstrasi berlebihan atau tindakan anarkis lainnya oleh massa. "Kami diminta oleh Polri untuk menurunkan sepuluh pasukan guna mencegah dan mengendalikan demonstrasi massa di depan Gedung MPR DPR," ujarnya, Rabu (1/10/2014).

Sepuluh kuda dari Belanda dengan jenis Womblade dan Polsen itu didatangkan dari Direktorat Polisi Satwa Baharkam Polri Kelapa Dua.Pasukan tersebut telah bersiaga di halaman depan Gedung MPR DPR sejak Senin (29/9).

Menurut Nurdin, kuda seberat 150 kilogram itu efektif dan efisien dalam berpatroli dan mengendalikan demonstrasi. Fisik kuda yang besar akan memberikan efek ngeri pada masyarakat karena ada kemungkinan mereka akan ditendang, diinjak, dan diseruduk oleh kuda. "Sehingga mereka berpikir dua kali sebelum anarki," katanya.

Sepuluh dari 26 kuda yang ada di Ditpol Satwa Kelapa Dua hanya bertugas hingga Pelantikan Anggota DPR dan DPD selesai. Kendati demikian, pasukan berkuda siaga jika Polri menugaskan hingga sidang paripurna penetapan pimpinan MPR DAN DPR Kamis sampai Jumat esok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper