Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asosiasi Pedagang Rumput Laut Pertimbangkan Membeli Kapal

Asosiasi Pedagang Rumput Laut di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mempertimbangkan membeli kapal sendiri guna mempermudah pengangkutan dan distribusi komoditas tersebut.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Asosiasi Pedagang Rumput Laut di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mempertimbangkan membeli kapal sendiri guna mempermudah pengangkutan dan distribusi komoditas tersebut.

Ketua Asosiasi Pedagang Rumput Laut Kabupaten Nunukan Kamaruddin mengatakan rencana membeli kapal tersebut muncul karena hingga kini belum ada solusi yang diberikan Pemkab Nunukan terkait kendala angkutan rumput laut yang dialami para pengusaha lokal.

"Kami para pedagang rumput laut berniat membeli kapal sendiri khusus untuk mengangkut rumput laut karena belum ada solusi dari pemerintah daerah untuk pengadaan kapal angkutan yang menjadi kendala selama ini," ujarnya, Jumat (26/9/2014).

Dia mengaku rencana ini telah dibahas bersama dengan puluhan pedagang rumput laut dengan harapan tidak bergantung lagi pada kapal penumpang yang beroperasi selama ini. Kamaruddin mengaku telah mendapatkan kapal di Kota Tarakan, Kalimantan Utara dengan kapasitas muatan sekitar 350 ton yang dapat mengangkut rumput laut sekali dalam sepekan tujuan Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurutnya, kapal ini nantinya diharapkan dapat menjawab kegelisahan pedagang di Nunukan untuk mengantisipasi apabila produksi rumput laut semakin meningkat sebagaimana yang terjadi selama ini. Saat ini, produksi rumput laut di kabupaten tersebut telah mencapai 2.000 ton kering per bulan.

Apabila hal ini tidak dilakukan secepat mungkin, imbuh Kamaruddin, maka akan berdampak pada penurunan harga rumput laut pada tingkat petani budidaya rumput laut karena pendistribusiannya kurang lancar.

Rencananya, kapal dengan harga sekitar Rp2,8 miliar ini diupayakan mulai beroperasi pada November 2014. Dia berharap permohonan bantuan pinjaman dana kepada perbankan bisa direalisasikan secepatnya agar rencana tersebut bisa terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper