Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ATRAKSI UDARA: The Jupiters TNI AU Akan Meriahkan Langit Monas Mulai Besok (28/8)

Mulai besok, Kamis (28/8/2014) hingga Minggu (31/4) langit Jakarta akan dimeriahkan oleh atraksi tim aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara Jupiters Aerobatic Team (JAT) yang lebih dikenal dengan “The Jupiters”.
Salah satu formasi The Jupiters/Bisnis.com-Dispen TNI AU
Salah satu formasi The Jupiters/Bisnis.com-Dispen TNI AU

Bisnis.com, JAKARTA -- Mulai besok, Kamis (28/8/2014) hingga Minggu (31/4) langit Jakarta akan dimeriahkan oleh atraksi tim aerobatik kebanggaan TNI Angkatan Udara Jupiters Aerobatic Team (JAT) yang lebih dikenal dengan “The Jupiters”.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama TNI Hadi Tjahjanto dalam keterangan tertulisnya, seperti diterima Bisnis.com (Rabu (27/8) The Jupiters akan melakukan latihan pada Jumat (28/8) hingga Sabtu (30/8), mulai pukul 09.00 WIB.

Puncaknya, pada hari Minggu (31/8) The Jupiters tampil pada event Independence Day Run yang rencananya akan di lepas oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Monas.

Latihan atraksi udara The Jupiters di sekitar Monas dimaksudkan sebagai pengenalan medan dan menyesuaikan kondisi terhadap gedung-gedung tinggi di sekitarnya, sebelum mereka tampil memeriahkan Independence Day Run, Minggu.

The Jupiters menggunakan pesawat KT-1 Woong Bee buatan Korea Selatan. Pesawat ini sehari-hari digunakan para instruktur penerbang TNI AU untuk melatih siswa penerbang di Skadron Pendidikan (Skadik) 102 Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta.

"The Jupiters yang dipimpin flight leader (Jupiter 1) Letkol Pnb Feri Yunaldi sedikitnya akan melakukan 15 manuver aerobatik yang serasi, menarik bahkan menegangkan selama sekitar 20 menit," demikian pernyataan tertulis Dispen TNI AU.

Selain flight leader, The Jupiters terdiri dri right wing (Jupiter 2) Kapten Pnb Idham Satria, wing left (Jupiter 3) Kapten Pnb Apri Arfianto, slot (Jupiter 4) Mayor Pnb Ari Susiono, lead synchro (Jupiter 5) Mayor Pnb Sri Raharjo dan synchro (Jupiter 6) Mayor Pnb H.S Romas.

Pada setiap penampilan, The Jupiters menyiapkan dua bentuk manuver sebagai alternatif, yaitu Hight Show apabila kondisi cuaca baik dan memungkinkan untuk manuver formasi aerobatik secara vertikal.

Manuver vertikal itu seperti manuver Jupiter Roll, Loop, Clover Leaf, Vulcan & Leader Benefit, Loop & Break Off, Tanggo to Diamond Loop, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back dan Loop and Boom Burst.

Manuver kedua adalah Low Show yang akan dilaksanakan bila base cloud rendah sehingga tidak memungkinkan melaksanakan vertikal manuver, sehingga manuver yang akan dilaksanakan meliputi Jupiter Roll, Hi “G” Turn, Vulcan & Leader Benefit Pass, Break Off, Jupiter Wheel, Tanggo to Diamond Pass, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Knife Edge, Five Card Pass, Jupiter Roll Back dan Boom Burst.

The Jupiters selain tampil pada event nasional, juga tampil go internasional pada:

  • 100 tahun penerbangan Thailand pada 2012
  • Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2013 (LIMA’13) Februari 2013
  • The 4th Brunei Darussalam International Defence Exhibition (BRIDEX 2013) Desember 2013
  • Singapore Air Show Februari 2014 yang merupakan perhelatan kedirgantaraan terbesar di Asia Tenggara.

Direncanakan The Jupiters akan tampil kembali pada Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA’15) Februari 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper