Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JOKOWI PRESIDEN: SBY Akan Minta Lanjutkan Pembangunan Papua

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia terus membangun, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Papua agar seluruh rakyat Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.
 Presiden SBY/Bisnis.com
Presiden SBY/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia terus membangun, mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai Papua agar seluruh rakyat Indonesia bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidupnya.

SBY menjelaskan pemerintah melakukan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi di seluruh Indonesia dalam enam koridor.

Khusus koridor Papua, Papua Barat, Maluku,dan  Maluku Utara, menurut Presiden,  memiliki agenda dan tujuan agar 5—10 tahun lagi kesejahteraan rakyat di wilayah ini betul-betul meningkat secara signifikan.

“Tiap tahun ada dana khusus untuk Papua dan Papua Barat di bidang infrastruktur. Contohnya, tahun depan dialokasikan Rp2,5 triliun. Selain itu, juga ada dana otonomi khusus, tahun depan jumlahnya untuk Papua dan Papua Barat Rp  triliun di luar anggaran yang sudah ada,” papar Kepala Negara saat membuka secara resmi Sail Raja Ampat, Sabtu (23/8/2014).

Dengan anggaran yang besar itu, kata SBY, pemerintah ingin benar-benar Papua dan Papua Barat bisa lebih mempercepat pembangunannya.

Menurut Presiden, besarnya anggaran untuk pembangunan Papua dan Papua Barat itu merupakan kebijakan pemerintah dan menjadi prioritas yang dijalankan pemerintah. Ia mengajak semua pihak untuk mensukseskan bersama upaya tersebut.

“ Saya akan menyampaikan kepada presiden yang akan datang [Jokowi], kalau ini bisa dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan oleh beliau maka kemajuan tanah Papua akan bisa datang lebih cepat lagi,” ujar Presiden SBY.

Presiden menambahkan, Papua juga memiliki kekuatan, kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya lautan, kekuatan sumber daya energi, dan juga kekuatan kepariwisataan. Ia menunjuk contoh pelaksanaan Sail Raja Ampat sebagai upaya agar di masa depan menjadi kekuatan pariwisata, kekuatan maritim tumbuh lebih pesat lagi.

“Kalau semua bergerak di tanah Papua ini, semua potensi kita gerakan dengan strategi dan kebijakan pembangunan yang baik, dengan manajemen dan kepimpinan yang baik, dengan bantuan dari masyarakat luas utamanya para pemuka adat dan pemuka agama, yakin kita lima tahun lagi, sepuluh tahun lagi, lima belas tahun lagi tanah Papua akan bergerak menuju wilayah yang makin maju dan makmur,” kata Kepala Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : setkab.go.id
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper