Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Tokoh Khmer Merah Dihukum Seumur Hidup

Dua mantan pemimpin utama Khmer Merah Kamboja dijatuhi hukuman seumur hidup akibat pelanggaran hak asasi manusia setelah 35 tahun rezim yang dipimpinnya mengakhiri kekuasaan.
 Khieu Samphan/dailymailcouk/yus
Khieu Samphan/dailymailcouk/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Dua mantan pemimpin utama Khmer Merah Kamboja dijatuhi hukuman seumur hidup akibat pelanggaran hak asasi manusia setelah 35 tahun rezim yang dipimpinnya mengakhiri kekuasaan.

Pengadilan yang didukung oleh PBB tersebut memutuskan bahwa Khieu Samphan, mantan pemimpin tertinggi dan kepala negara Khmer Merah bersama guru ideologinya Nuon Chea, bersalah karena terlibat dalam kejahatan kemanusiaan.

Keduanya dianggap bertanggung jawab atas kejahatan rezim terkait kematian sekitar 1,7 juta orang sebagimana dikutip Bloomberg, Kamis (7/8/2014).

Sebagian mereka dieksekusi mati dan sebagian lainnya dibiarkan kelaparan dan digerogoti penyakit dari tahun 1975 sampai 1979. Rezim tersebut tercatat sebagai salah satu rezim terkejam di dunia dengan jumlah korban pembantaian yang sangat fantastis.

Khieu Samphan yang kini berusia 83 tahun dan Nuon Chea yang kini 88 tahun bisa mengajukan banding atas putusan itu. "Namun keduanya akan tetap ditahan," ujar Nil Nonn, ketua majelis hakim pengadilan tersebut.

Kedua pria itu kini dalam kondisi menyedihkan dan Nuon Chea bahkan duduk di kursi roda dan tak mampu untuk berdiri saat putusan itu dibacakan.

Tuntutan bersalah itu baru pertama kalinya terjadi terhadap para pemimpin pemerintahan yang dikenal dengan rezim Pol Pot tersebut. Rezim itu bertindak mengosongkan sejumlah kota di Kamboja sebelum melakukan pembantaian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper