Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Sektor Jasa Belum Mampu Bangkitkan Ekonomi China

Indeks industri jasa China tercatat meningkat, kontras dengan performa manufaktur yang tumbuh mengecewakan pada April tahun ini.

Bisnis.com, BEIJING - Indeks industri jasa China tercatat meningkat, kontras dengan performa manufaktur yang tumbuh mengecewakan pada April tahun ini.

Biro Statistik Nasional dan Federasi Logistik dan Purchasing China pada Sabtu (3/5/2014) menyatakan indeks non-manufaktur naik menjadi 54,8 pada April 2014 dari 54,5 bulan sebelumnya.

Angka di atas 50 memperlihatkan ekspansi.Laju pertumbuhan yang moderat terhadap industri jasa di China cukup memberikan sinyal positif bagi investor mengenai prospek sektor tersebut.

Namun, kenaikan kinerja sektor manufaktur dan jasa belum cukup untuk mengerek naik perlambatan China sehingga indikasi lesunya ekonomi China diperkirakan berlanjut pada kuartal II/2014.

Kepercayaan bisnis di sektor bisnis juga masih tidak berubah, tetap pada posisi 61,5. Sejumlah ekonom bahkan menyebutkan produk domestik bruto (PDB) China hanya tumbuh 7,3% tahun ini, meleset dari target pemerintah yaitu 7,5%.

Tidak hanya itu, penegasan terhadap perlambatan China dibuktikan oleh laporan pemerintah yang menyatakan 30 dari 31 provinsi gagal mencapai target pertumbuhan pada kuartal I/2014. Pasalnya, China tengah dibelit beragam permasalahan antara lain polusi dan peningkatan utang pemerintah lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Reuters/Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper