Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TNI Manunggal Masuk Desa: Sejak 1980 Hanya 20% Desa yang Digarap

Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman mengakui selama program TNI Manunggal Masuk Desa berlangsung pertama kali pada 1980, hanya 20% desa tertinggal di seluruh Indonesia yang berhasil disentuh oleh TNI.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 24 April 2014  |  16:25 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Staff Angkatan Darat Jenderal TNI Budiman mengakui selama program TNI Manunggal Masuk Desa berlangsung pertama kali pada 1980, hanya 20% desa tertinggal di seluruh Indonesia yang berhasil disentuh oleh TNI.

"Kalau kita lihat dari sejarah Abri Masuk Desa pada 1980, dari jumlah desa yang kita garap itu baru 20% yang kita sentuh. Biasanya desa yang kita bangun adalah yang sangat terisolir," jelasnya kepada pewarta, Kamis (24/4/2014).

Desa-desa yang telah dipilih oleh Pusat Teritorial Angkatan Darat memang desa yang memiliki medan tempuh yang berat dan infrastruktur yang masih belum memadai.

Namun, Budiman tak keberatan dengan kondisi infrastruktur yang menyulitkan prajuritnya dalam bertugas. "Justru karena terpencil inilah kami tertarik. Karena kekuatan kami ada di rakyat. Makanya harus sangat dekat dengan rakyat, dengan cara membangun desa," katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, TNI akan menjalankan program tahunan TNI Manunggal Masuk Desa selama 21 hari untuk membangun 93 desa tertinggal dan terisolir di seluruh Indonesia.

Dalam program itu, TNI akan membangun jalan, membuat saluran air, merenovasi rumah tak layak huni, merenovasi fasilitas publik, serta melakukan penyuluhan kepada warga desa sebagai bentuk pembangunan non fisik.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tni ad
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top