Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PMI Gelar Simulasi Penanganan Erupsi Gunung Slamet

Guna antisipasi dampak terjadinya Erupsi Gunung Slamet, jajaran dinas terkait termasuk PMI mengikuti gladi atau simulasi terpadu penanganan erupsi.

Bisnis.com, JAKARTA-- Guna antisipasi dampak terjadinya Erupsi Gunung Slamet, jajaran dinas terkait termasuk PMI mengikuti gladi atau simulasi terpadu penanganan erupsi.

Acara yang digelar oleh Kodim 0712 Tegal, Jumat (14/3/2014) ini diikuti sebanyak 50 personil Palang Merah Indonesia (PMI) dari Unsur Satgana dan Sibat.

Dokter Bimo, Ketua Bidang Kesiapsiagaan PMI Kabupaten Tegal, menjelaskan tujuan digelarnya simulasi terpadu itu adalah dalam rangka meminimalisir jatuhnya korban yang lebih banyak, dan sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk patuh dan tahu tentang peringatan dini, serta diharapkan paham jalur evakuasi yang aman dan cepat.
 
“Selain itu sebagai upaya memberikan kesepahaman kepada pihak terkait, akan tugas dan perannya nanti dalam penanganan Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Slamet,” katanya dalam rilis PMI Pusat, Sabtu (15/3/2014).
 
Secara teknis dalam praktek simulasi, lanjutnya, telah disiapkan  tiga titik  lokasi sebagai tempat pengungsian. Yaitu Lapangan Desa Tuwel, Lapangan Desa Suniarsih, dan Lapangan Desa Batumirah. 
 
Untuk Lapangan Desa Batumirah disiapkan bagi pengungsi dari Dukuh Sawangan Desa Sigedong. Sedang Lapangan Suniarsih diperuntukan pengungsi dari Desa Dukuhtengah dan Kedawung. 
 
Sementara untuk Lapangan Desa Tuwel diperuntukan pengungsi dari Desa rembul dan Desa  Guci, sekaligus sebagai Posko Induk Tanggap Darurat Bencana erupsi Gunung Slamet.
 
Untuk lokasi pengungsi atau shelter di tiga tempat, telah disiapkan Rumah Sakit Lapangan, Dapur Umum, Pos Informasi dan Barak Pengungsi. Selain itu juga disiapkan armada truk evakuasi, Mobil Ambulan, Truk Watsan dan mobil Penerangan.
 
“Sementara untuk PMI sendiri bertugas sebagai Tim Evakuasi, Pertolongan Pertama, PSP dan membantu Dapur Umum, dan menyiapkan satu ambulans dan satu mobil Satgana. Selain itu juga didukung PMI Provinsi Jawa Tengah dengan mengirimkan satu Tim Ambulans," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper